Prediksi LKPI di Pilkada Sumsel, Pemilih Prabowo-Gibran akan Beralih ke Herman Deru

Prediksi LKPI di Pilkada Sumsel, Pemilih Prabowo-Gibran akan Beralih ke Herman Deru

Pemilih Herman Deru pada Pilkada Sumsel tahun 2024 ini, diprediksi akan berasal dari pemilih pasangan Presiden dan Wapres, Prabowo-Gibran. --

SUMEKS.CO - Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) memprediksi, bahwa pemilih Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 lalu, justru akan memilih Calon Gubernur Sumsel, Herman Deru, di Pilkada Sumsel nanti.

Direktur Eksekutif LKPI, Arianto mengatakan, kuatnya pemilih Prabowo-Gibran menjatuhkan pilihan pada mantan Bupati OKU Timur dua periode ini, secara statistik angkanya tergolong signifikan. 

Salah satu alasan pemilih menjatuhkan pilihannya kepada Herman Deru adalah karakter atau sifat Herman Deru yang dipersepsikan pemilih sama dengan Prabowo-Gibran.

Diantara parameter survei tersebut, adalah sifat perhatian pada rakyat, sudah ada bukti nyata hasil kerjanya dan ramah serta mudah ditemui masyarakat serta suka blusukan. 

"Sejak masih menjabat sebagai Gubernur Sumsel, sampai sudah melepaskan jabatannya sebagai Gubernur Sumsel, pemilih Prabowo-Gibran mayoritas masih menjatuhkan pilihannya kepada Herman Deru," paparnya, Rabu, 8 Mei 2024.

BACA JUGA:Herman Deru Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Sumsel 2024-2029 di 6 Partai, Dimana Saja?

BACA JUGA:Bakal Calon Gubernur Sumsel Herman Deru Ambil Formulir PAN, Setelah Melamar ke PDIP?

Arianto menyebut, kalau di statistik disebut sebagai tabulasi yang artinya ketika responden menjawab pilihannya pada salah satu calon paslon presiden dan wakil presdiden, yang kemarin bertarung dan ditanyakan juga pilihan calon gubernur. 

Perolehan hitung suara Pilpres di Sumsel adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (18,6 %), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (69,8 %), Ganjar Pranowo-Mahfud MD (11,6 %). 

Khusus pemilih Prabowo Subianto-Gibran (69,8 %) tersebut, ada 73,8 % pemilih menjatuhkan pilihan ke Calon Gubernur, Herman Deru.

Lalu, Mawardi Yahya (9,9 %), Heri Amalindo (6,2 %) dan Tidak tahu/tidak jawab (10,1 %). Artinya, efek Prabowo-Gibran lebih dominan ke Herman Deru pemilihnya, bukan ke calon lain.

"Ada korelasi positif (linear) antara pemilih Prabowo-Gibran dengan Calon Gubernur Herman Deru ketimbang Calon Gubernur lainnya," kata dia.

BACA JUGA:Unsri Telurkan 1.225 Wisudawan Baru pada Momen Wisuda ke-171 Tahun 2024, Termasuk Putri Herman Deru

BACA JUGA:Janji Umumkan Sosok Wakil pada Pilgub Sumsel 2024, Herman Deru: Tunggu Habis Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: