Sejauh Apa Upgrade Galaxy A35 5G dari Versi Sebelumnya Sebagai Hp Terjangkau, Intip Peningkatannya?

Sejauh Apa Upgrade Galaxy A35 5G dari Versi Sebelumnya Sebagai Hp Terjangkau, Intip Peningkatannya?

Dari sudut pandang teknis, sebagian besar perubahan hanya terjadi sedikit saja dan dalam beberapa segmen justru jarang terjadi ditemukan peningkatan.--

SUMEKS.CO  - Seri Galaxy A pada kelas menengah dari merek Samsung memang sangat populer berkat rasio harga terjangkau dan kinerja yang dapat diandalkan.

Salah satu hal menarik dari lini hp murah Samsung ini adalah tentang seberapa banyak pabrikan memberikan pembaruan tahunan terhadap setiap unitnya.

Dari sudut pandang teknis, sebagian besar perubahan hanya terjadi sedikit saja dan dalam beberapa segmen justru jarang terjadi ditemukan peningkatan.

Namun demikian, dengan bantuan proses peremajaan, hp terbaru di kelas terjangkau ini masih bisa mendapatkan banyak perbaikan dalam prosesnya. Hal serupa juga terjadi pada Samsung Galaxy A35 ini.

BACA JUGA:4 HP Nokia Terbaru 2024 yang Beredar di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya!

BACA JUGA:Bingung Pilih 5 HP Samsung Terbaik Mana untuk Para Gamer di Mei 2024? Ini Rekomendasinya

Dalam hal fitur dan performa, Galaxy A35 saat ini menempati posisi nomor dua di jajaran Galaxy A, namun tertinggal jauh dari model teratas dari Galaxy A55.

Mengenai SoC, kandidat peninjau bahkan berhasil mencapai apa yang dulunya merupakan rak paling atas. Dengan Exynos 1380, Galaxy A35 menggunakan SoC yang sama dengan yang ditemukan pada andalan Galaxy A tahun lalu yaitu pada hp Galaxy  A54.

Dibandingkan pendahulunya, Galaxy A35 telah melakukan lompatan maju dalam hal kualitas casing. Baik secara visual maupun dari segi tampilan material, ponsel ini cukup mirip dengan hp seri Galaxy S yang jauh lebih mahal.

Berbeda dengan  Galaxy A34 , panel belakangnya kini terbuat dari kaca, bukan plastik, dan layar Super AMOLED dilindungi oleh Gorilla Glass Victus+ dibandingkan Gorilla Glas 5 yang digunakan sebelumnya.

BACA JUGA:7 Trik Ampuh Meningkatkan Kinerja HP Android dan Optimalkan Performa, Anti Lemot!

BACA JUGA:Rekomendasi HP Canggih dan Stylish untuk Budget Di Bawah Rp7 Jutaan Terbaru 2024

Selain itu pada bagian bezel layar juga sudah menjadi lebih ramping. Samsung tetap menggunakan plastik untuk rangka casing.

Satu-satunya kelemahan dari peningkatan kaca: Dengan dimensi yang hampir sama, yaitu 209 gram, Galaxy A35 jauh lebih berat dibandingkan pendahulunya.

Kamera selfie memiliki beberapa peningkatan desain tambahan. Sementara kamera Galaxy A34 ditempatkan di dalam ceruk berbentuk tetesan air mata, tapi pada Galaxy A35 memiliki desain punch-hole yang jauh lebih modern.

Seperti pendahulunya, kandidat peninjau yang kokoh ini bersertifikat IP67 yang menjadikannya sudah tahan air dan debu.

BACA JUGA:Tecno Pova 6 Pro Hp dengan Penutup Belakang yang Nyentrik, Transparan dan Ada Efek Cahaya

BACA JUGA:Nothing Phone 2a, Paket HP Terjangkau Dibekali MediaTek Dimensity 7200

Samsung menawarkan Galaxy A35 dalam empat warna casing yang sangat sederhana. Selain Awesome Navy perangkat ulasan kami, warna pastel Awesome Ice, Awesome Lemon, dan Awesome Lilac juga tersedia.

Smartphone kelas menengah Samsung ini tersedia dalam dua varian penyimpanan. Versi entry-level 128 GB menawarkan RAM 6 GB dan dengan versi lebih besar dari Galaxy A35 yang hadir dengan penyimpanan 256 GB serta otomatis mengemas RAM 8 GB.

Penyimpanan internal dapat diperluas hingga 1 TB dengan menggunakan kartu microSD yang data aplikasinya juga dapat dialihdayakan.

Jika Pengguna dapat melakukannya tanpa kartu microSD, Pengguna dapat memasukkan dua kartu SIM 2 nano ke dalam slotnya. Berbeda dengan Galaxy A34, eSIM juga bisa diaktifkan.

BACA JUGA:Bagusan Mana, HP Infinix Smart 8 Pro atau Hot 40i, Sama-sama Harga Rp1 Jutaan!

BACA JUGA:HP Mid-Range Terbaik yang Turun Harga pada Awal Mei 2024, Beli Saja Realme 12 Pro+ 5G!

Dari segi fitur basic, dibandingkan pendahulunya, tidak ada yang berubah. USB-C 2.0, Bluetooth 5.3, NFC serta speaker stereo tetap tersedia dan streaming HD juga didukung berkat DRM Widevine L1.

Camera2 API berjalan dengan tingkat dukungan terbatas. Jika Anda memasang aplikasi kamera pihak ketiga, aplikasi tersebut hanya memiliki akses terbatas ke fitur kamera.

Dengan kartu referensi microSD kami, Angelbird AV Pro V60, pembaca kartu Galaxy A35 mencapai kecepatan transfer data yang sangat baik untuk smartphone kelas menengah. Secara khusus, kinerjanya jauh lebih baik daripada pembaca kartu Galaxy A34 .

Samsung telah membekali Galaxy A35 dengan Android 14 dan antarmuka pengguna One UI 6.1 internalnya.

BACA JUGA:3 Rekomendasi HP Alternatif dari Vivo Y100 4G: Spek Sebanding dan Harga Bersaing!

BACA JUGA:3 HP Vivo dengan SoC Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2, Chipset Ramah Daya Baterai dan Mendukung Jaringan 5G

Pabrikan juga menawarkan nilai jual yang kuat dalam bentuk pembaruan jangka panjang. Galaxy A35 berjanji akan menerima peningkatan OS selama 4 tahun, memungkinkannya menikmati Android 18. Samsung berencana meluncurkan patch keamanan selama 5 tahun.

Selain alat wajib Google dan Samsung, fitur perangkat lunak Galaxy A35 juga mencakup pengaman kata sandi, Samsung Knox dan, sayangnya, cukup banyak bloatware.

Namun, aplikasi seperti Facebook, Spotify, Temu, game seperti Candy Crush Saga, atau alat Microsoft seperti OneDrive atau LinkedIn, semuanya dapat dihapus jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: