Xiaomi 14 Ultra Dibekali Kamera dengan Lensa Leica yang Menggunakan Sensor Utama Sony LYT-900 1 Inci

Xiaomi 14 Ultra Dibekali Kamera dengan Lensa Leica yang Menggunakan Sensor Utama Sony LYT-900 1 Inci

Xiaomi 14 Ultra dihadirkan untuk menjadi referensi baru dalam fotografi seluler karena membawa lensa Leica yang menggunakan sensor utama Sony LYT-900 1 Inci.--

SUMEKS.CO - Xiaomi 14 Ultra dihadirkan untuk menjadi referensi baru dalam fotografi seluler karena membawa lensa Leica yang menggunakan sensor utama Sony LYT-900 1 Inci.

HP Xiaomi 14 Ultra sebagai lini terbaru akan mengandalkan empat sensor resolusi tinggi dan kolaborasi dengan Leica.

Namun demikian, tidak banyak yang berubah pada kamera depan Xiaomi 14 Ultra. Ia tetap menampilkan resolusi 32 MPix dan tidak menggunakan pixel binning.

Hal ini akan membuat hasil ukuran file fotonya relatif besar. Itu tidak memiliki fungsi fokus otomatis. Meski begitu, foto yang diambil dengan lensa ini terlihat cukup bagus, bahkan di hari yang gelap sekalipun.

BACA JUGA:Xiaomi Redmi 12C Siap Bertempur dengan Samsung Galaxy A04e, Galak-an Mana?

BACA JUGA:Harga Terbaru Xiaomi 12 Lite April 2024 Dibekali Kamera Utama 108 Mp, Layak Dipertimbangkan!


Tampilan lensa kamera Xiaomi 14 Ultra --

Sementara di sektor video, kamera ini dapat merekam dalam Ultra HD dan kecepatan terbaik hingga 60fps. Jika Pengguna merekam dalam Dolby Vision, maksimum 4k/30fps dapat dicapai.

Sorotan Xiaomi 14 Ultra adalah terdapat pada kamera quad di bagian belakang. menggunakan Sensor utamanya adalah Sony LYT-900 1 inci.

Sensor ini akan menghasilkan panjang tepi pikselnya adalah 1,6 µm, yang digabungkan menjadi superpiksel 3,2 µm melalui pixel binning.

Jadi tidak mengherankan apabila gambarnya bukan berukuran 50 MPix, melainkan 12,5 MPix. Namun, mode opsional 50 MPix juga tersedia.

BACA JUGA:Xiaomi 12 Lite Pilihan Smartphone Kekinian dengan Performa Mengagumkan

BACA JUGA:Hape Mahal Samsung Galaxy S24 dan Xiaomi 14: Spek Kenceng, Harga Bikin Nangis!


--

Selain stabilisasi gambar optik (OIS), kameranya memiliki lapisan anti reflektif (ALD: Anti-Reflective Coating).

Ini juga memungkinkan Penggunanya untuk menyesuaikan aperture dari f/1.63 hingga f/4.0. Sehingga detail foto yang diambil menggunakan lensa ini sangat bagus dan ketajaman latar belakang juga konsisten.

Namun di lain sisi, pada jarak dekat, gambar yang dipotret kamera menjadi sangat gelap dan kontrasnya sangat terlihat, tapi ini hanya masalah kecil.

14 Ultra juga menghasilkan foto yang bagus dalam kondisi cahaya redup, namun setelah diperiksa lebih dekat, beberapa detail hilang dan beberapa titik buram terkadang muncul.

BACA JUGA:Promo Xtra, Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah Hingga 30 April 2024

BACA JUGA:Xiaomi Siap Luncurkan Redmi Pad Pro ke Indonesia, Saingi iPad Pro?


Xiaomi 14 Ultra dalam varian warna hijau--

Lensa lainnya kembali mengandalkan Sony IMX858. Seperti halnya pendahulunya, lensa sudut ultra lebarnya dapat digunakan untuk mengambil bidikan makro (jarak minimum: 5 cm).

Di siang hari, lensa memberikan hasil yang bagus namun sayangnya kehilangan beberapa ketajaman di bagian tepinya.

Dua lensa lainnya merupakan lensa pembesaran optik yang keduanya dilengkapi OIS. Salah satunya memiliki fitur zoom 3,2x dan lensa periskop menawarkan zoom 5x.

Keduanya juga dapat digunakan sebagai lensa makro telefoto dan harus digunakan pada jarak minimal masing-masing 10 dan 30 cm.

BACA JUGA:Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 13C, Cocok untuk Aktivitas Multitasking

BACA JUGA:Xiaomi Redmi Turbo 3 : Smartphone yang Mengesankan, Yuk Simak Kekurangan dan Kelebihannya!


Xiaomi 14 Ultra dalam varian warna hitam--

Lalu zoom digital hingga 120x juga dimungkinkan. Kualitas penggambarannya cukup bagus dan hingga pembesaran 10x (240 mm), hasilnya bisa digunakan.

Tapi ketika zoom lebih ditingkatkan maka akan menghasilkan kualitas yang jauh lebih buruk. Hal ini terjadi pada pembesaran 20x dan seterusnya, jendela bidik digital diaktifkan, dan kalibrasinya tidak akurat.

Hasilnya, bagian gambar yang ditampilkan di jendela bidik mini selalu sedikit ke kanan di tinjauan langsung yang lebih besar.

Pada panjang fokus yang panjang, kelemahan dalam stabilisasi gambar juga terlihat jelas, karena gambar menjadi terlihat dan terkadang buram.

BACA JUGA:Xiaomi Redmi Turbo 3: Ponsel Canggih dengan Kamera Unggulan dan Baterai Lebih Awet, Ini Spesifikasi Lengkapnya

BACA JUGA:Daftar Terlengkap HP Xiaomi yang Gagal Update HyperOS, Cek Hape-nya Gaes!!

Kembali lagi pada sisi videografi, Xiaomi 14 Ultra dapat merekam video dalam semua resolusi saat ini dan meskipun ini juga dapat dilakukan di Dolby Vision, Pengguna dibatasi pada Ultra HD dan maksimum 30fps.

Namun dari segi kualitas, hp ini mengesankan dan juga menawarkan opsi perekaman dalam format LOG melalui mode Pro.

Jika Pengguna ingin memilih rasio aspek selain 16:9, Pengguna harus ingat bahwa hanya bilah hitam yang ditambahkan di bagian atas dan bawah dalam format layar lebar.

Bahkan 21:9 hanya ditampilkan sebagian, karena resolusi video Full HD saat itu hanya 1.920 x 800 piksel misalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: