Perhatikan Moms! Amalan Selama Menyusui dalam Islam Agar ASI Berkah dan Anak Jadi Shalih Shalihah

Perhatikan Moms! Amalan Selama Menyusui dalam Islam Agar ASI Berkah dan Anak Jadi Shalih Shalihah

amalan selama menyusui dalam islam--

Keutamaan ketiga surah ini dapat menjadi sebab masuk surga serta menanamkan ketauhidan kepada bayi.

Sementara surat Al-Falaq dan An-Nas merupakan surat terbaik yang berisi permintaan perlindungan dan dijadikan bacaan ruqyah.

6. Melafadzkan Dzikir, Shalawat dan Ayat Suci

Penanaman ayat Al-Quran dapat dilakukan sejak bayi sehingga para ibu dianjurkan memperdengarkan anaknya shalawat, dzikir dan bacaan ayat suci saat menyusui.

BACA JUGA:6 Amalan Pemberat Timbangan di Yaumul Hisab, Yuk Amalkan Mumpung Bulan Ramadan

BACA JUGA:5 Do’a dan Amalan Khusus Agar Istiqomah di Bulan Ramadan, Siap-siap Ini yang Akan Didapat!

Hal ini juga dimaksudkan agar anak terbiasa dengan lantunan ayat suci dan bacaan dzikir serta dapat menjadi pahala bagi ibunya.

Menyusui bayi menjadi salah satu perintah Allah SWT yang dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah : 233.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Selain itu menyusui juga memiliki pahala besar didalamnya, Rasulullah SAW bersabda,

"Ketika seorang wanita menyusui anaknya, Allah membalas setiap isapan air susu yang diisap anak dengan pahala memerdekakan seorang budak dari keturunan Nabi Ismail, dan manakala wanita itu selesai menyusui anaknya malaikat pun meletakkan tangannya ke atas sisi wanita itu seraya berkata, 'Mulailah hidup dari baru, karena Allah telah mengampuni semua dosa-dosamu'."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: