Google Pun Ikut-ikutan Demam Ponsel Lipat dengan Meluncurkan Google Pixel Fold, Ini Spesifikasinya!

Google Pun Ikut-ikutan Demam Ponsel Lipat dengan Meluncurkan Google Pixel Fold, Ini Spesifikasinya!

Ponsel lipat Google Pixel Fold, yang turut meramaikan segmen ponsel lipat dunia.--net

SUMEKS.CO - Raksasa teknologi seperti Google tak luput dari demam ponsel lipat dan kabarnya segera meluncurkan ponsel lipat pertamanya, Pixel Fold.

Pixel Fold dikatakan memiliki engsel paling tahan lama pada perangkat lipat. Google mengklaim Pixel Fold memiliki engsel paling tahan lama di kelas ponsel lipat.

Mengambil inspirasi dari perangkat andalan Samsung Galaxy Z Fold, Pixel Fold menampilkan tampilan luar yang lebih lega, meskipun dengan beberapa perbedaan utama.

Mirip dengan Galaxy Z Fold 5 , Pixel Fold dibuka seperti buku untuk menampilkan layar besar 7,6 inci.

BACA JUGA:iPhone 15 Pro Max Lewat! Hp Nokia Terbaru Punya Kamera Tercanggih, Sekali Zoom Bisa Lihat Planet Mars? Waduh..

BACA JUGA:Kalahkan iPhone 15 Pro Max & Samsung S23 Ultra, Ini Merk Hp Android Kamera Paling Jernih di Dunia Setara DSLR

Namun demikian, desain Google Pixel Fold sebenarnya cukup berbeda dari apa yang ditawarkan Samsung.

Tapi harus diakui, pendatang baru ini kalah dalam hal bobot, yang mana Pixel Fold memiliki berat 10 ons dibandingkan dengan 8,92 ons untuk Samsung Galaxy Z Fold5.

Keunggulan Pixel Fold dibandingkan seri Galaxy Fold justru terlihat dari tampilan depannya. Layar penutup OLED 5,8 inci menggunakan rasio aspek yang cukup lebar yaitu 17,4:9 sehingga memberikan pengalaman yang tidak terlalu sempit saat menggunakan perangkat secara tertutup

Panel OLED ini mendukung kecepatan refresh hingga 120Hz, fungsionalitas layar selalu aktif, dan memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 1.550 nits dan 1.200 nits dengan konten HDR.

BACA JUGA:6 Merk Hp Android RAM Terbesar Sebanding dengan Memori Internal Laptop, Bisa Simpan Jutaan Foto dan Video?

BACA JUGA:5 HP Android dengan Kamera Super Canggih, Kualitas Gambar Kalahkan iPhone 15 Pro Max

Kemudian layar bagian dalam Pixel Fold mencapai kecerahan maksimum 900 nits, sedangkan layar luar 5,8 inci mencapai kecerahan maksimum 1.172 nits. 

Bagian depan pada layar Pixel Fold dilindungi Gorilla Glass Victus sedangkan panel dalamnya menggunakan kaca ultra tipis dengan lapisan plastik pelindung.

Menariknya, tidak ada kerutan yang terlihat saat perangkat ini dibuka, yang sepertinya mengisyaratkan bahwa Pixel Fold mungkin memiliki tampilan yang nyaris tanpa lipatan.

Berdasarkan gambar yang ditampilkan, Pixel Fold diatur untuk memiliki tampilan luar yang lebih pendek namun lebih lebar sehingga memudahkan browsing atau mengirim pesan teks.

BACA JUGA:Tak Ada Lawan! Ini Merk Hp yang Kalahkan Kamera iPhone 15 Pro Max, Bisa Lihat Bentuk Asli Bintang di Langit?

BACA JUGA:Menyusul Kesuksesan Y02, Vivo Y03 Resmi Rilis di Indonesia, HP Rp1 Jutaan Dibekali Chipset Helio G85

Desain keseluruhan terlihat ramping, bergaya dan berkelas, sedangkan sasis luar tampak premium dan kokoh.

Google telah sedikit memodifikasi pengaturan kamera belakang pada Pixel Fold, mengingatkan pada Pixel 7 Pro tetapi tidak terlalu melebar atau menonjol.

Perangkat ini diatur untuk menampilkan dua kamera selfie, satu di dalam dan satu lagi di panel luar.

Kemudian pada bilah kamera belakang juga dilengkapi kamera zoom periskop dan mungkin mendukung fitur seperti Super Res Zoom dan Macro Focus.

BACA JUGA:9 Hp Android 2024 Kamera Paling Jernih & Terang, Meski Gelap Gulita Foto Tetap Nyata? iPhone 15 Pro Max Lewat!

BACA JUGA:Oppo A79 5G, HP Keren Performa Kencang Harga Nyaman Dikantong, Pilihan Terbaik Masa Kini

Dan perlu diketahui bahwa Pixel Fold memiliki kamera belakang 48MP dan kamera ultrawide 10,8MP, serta kamera telefoto 10,8MP dengan zoom optik 5x dan Zoom Super Res 20x (digital).

Ada juga kamera depan 9,5MP untuk selfie dan kamera dibagian lipatan dalam 8MP untuk selfie dan panggilan video.

Pixel Fold dilengkapi chip Tensor G2 yang sama kuatnya dengan seri Pixel 7, yang berarti Pengguna juga dapat mengharapkan kinerja yang cukup cepat.

Namun demikian, jangan terlalu berharap kalau kecepatan chipset ini sama seperti chip Snapdragon 8 Gen 2 yang mentenagai Galaxy Z Fold 5.

BACA JUGA:Bukan iPhone 15 Pro Max, Ini Merk Hp Android Kamera Super Canggih & Jernih di Dunia! Bisa Lihat Bulan & Planet

BACA JUGA:7 Hp Nokia Terbaru 2024 yang Miliki Fitur dan Spesifikasi Tercanggih, Bakal Jadi Idola Baru Kaum Milenial

Perangkat ini akan memiliki prosesor Google Tensor G2 dan akan tersedia dalam konfigurasi penyimpanan 256GB dan 512GB. Dengan berat hanya sekitar 10 ons (atau 283 gram).

Pixel Fold dikatakan memiliki “engsel paling tahan lama pada perangkat lipat,” Dalam hal daya tahan, Google mengatakan Pixel Fold memiliki engsel paling tahan lama.

Engsel gesekan cairan 180 derajat meningkatkan ketahanan terhadap debu dan membantu perangkat ini mampu bertahan hingga 200.000 kali lipat.

Selain itu, Pixel Fold memiliki rating IPX8, sehingga sudah tahan terhadap tumpahan air atau bahkan hujan.  

BACA JUGA:Hp Terbaru 2024 Harga 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Tingkat Dewa, RAM Penyimpanan 64/128 GB? Demi Apa?

BACA JUGA:Rekomendasi HP Terbaik untuk Lebaran 2024, Mulai dari Rentang Harga Rp1 Juta - Rp7 Juta

Engsel tersebut juga mengaktifkan mode meja, yang memungkinkan Pengguna untuk menggunakan handsfree saat menonton video, mengambil foto, atau melakukan panggilan video cepat.

Mirip dengan mode fleksibel pada seri Galaxy Z Fold, Pengguna akan mendapatkan kontrol di bagian bawah dan area konten utama di bagian atas.

Selain itu Pixel Fold juga memiliki baterai 4.727 mAh yang jika dalam posisi baterai penuh maka ponsel lipat ini dapat bertahan mencapai 10 jam 21 menit dengan pengisian daya kabel 30W untuk Pixel Fold, dan Pixel Fold juga mendukung pengisian daya nirkabel Qi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: