Dorong Pengembangan BUMD di Sumsel, Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Bimtek Penyusunan Renbis dan RKA BUMD

Dorong Pengembangan BUMD di Sumsel, Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Bimtek Penyusunan Renbis dan RKA BUMD

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni resmi membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Bisnis (Renbis) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)--

SUMEKS.CO - Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni secara resmi membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Bisnis (Renbis) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Hotel Aryaduta, Palembang Rabu 27 Maret 2024.

Kegiatan ini dinilai sangatlah penting guna menambah wawasan dalam memperbaiki kinerja BUMD agar semakin maju dan menguntungkan.

Saat ini, berbagai BUMD banyak berkontribusi besar dalam rangka menggerakkan perekonomian dan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta pelayanan publik.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa renbis serta RKA juga penting dilakukan dikarenakan keberhasilan sebuah program 60 persen di antaranya ditentukan dari perencanaan.


Penyusunan Rencana Bisnis (Renbis) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) BUMD--

BACA JUGA:Alhamdulillah, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Serahkan Bonus Atlet dan Pelatih Berprestasi di Porwil XI

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Canangkan Gerakan Perlindungan Pekerja Rentan Serentak se-Sumsel

"Kalau rencana tepat, sasaran juga akan tepat, kalau tidak tepat bisa bermasalah makanya penting sekali BUMD bisa membuat Renbis dan RKA yang sesuai dengan visi misi BUMD dan harus dilakukan dengan cara yang benar," ujar Fatoni. 

Saat ini RKA sudah banyak dibuat oleh BUMD namun untuk renbis masih sangat jarang.

Selain mencari keuntungan, BUMD menurutnya juga harus gencar mengembangkan aktivitas bisnis sehingga melalui bimtek seperti ini, BUMD perlu diarahkan termasuk menginventarisir apa saja keunggulan yang dimiliki daerah dan bisa dikembangkan oleh BUMD. 

"BUMD harus fokus apa saja di bidang keunggulannya kemudian mengembangkan yang lain. Lebih baik sedikit tapi fokus daripada banyak tapi tidak fokus. Produk unggulan ini harus kita ciptakan, harus berkualitas dan menonjol," kata Fatoni. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Hadiri Paripurna Perubahan dan Penambahan Propemperda Inisiatif DPRD

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan Dokumen LKPJ Tahun Anggaran 2023 ke-DPRD Sumsel

Melalui kesempatan ini, dirinya juga memaparkan beberapa isu strategis yang perlu menjadi perhatian seperti penguatan teknologi informasi, penguatan permodalan, tata kelola perusahaan yang baik dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: