Scooby-Doo Serial Animasi Terlama dalam Sejarah Amerika, Legenda Acara TV

Scooby-Doo Serial Animasi Terlama dalam Sejarah Amerika, Legenda Acara TV

Film animasi Scooby-Doo yang berkisah tentang petualangan seekor anjing yang bisa berbicara dan teman-temannya untuk memecahkan misteri.--dok:sumeks.co

SUMEKS.CO - Scooby-Doo adalah legenda acara TV dan waralaba serial animasi yang terpopuler sepanjang sejarah Amerika.

Menelusuri tahun 1969, dimana saat itu Hanna Barbera, meraih medali emas di TV melalui kesuksesan Scooby-Doo, Where Are You?. 

Scooby-Doo berkisah tentang petualangan seekor anjing yang bisa berbicara dan teman-temannya untuk memecahkan misteri.

Serial ini menekankan pekerjaan detektif, sebuah misteri yang harus dipecahkan, menghadirkan monster yang menarik, dan skeptisisme.

BACA JUGA:Film Animasi Terbaru Hayao Miyazaki, The Boy and The Heron, Dapat Ditonton di Rumah Melalui Netflix

BACA JUGA:Film Animasi Kung Fu Panda 4 Perjalanan Emosional Sang Pahlawan, Sedang Tayang di Bioskop

Serial animasi Scooby-Doo berhasil memadukan horor dan misteri dengan sedikit fiksi ilmiah, jadi tidak heran serial ini membantu menciptakan salah satu formula TV terhebat.

Scooby-Doo dirilis pada tahun 1969 dan dengan cepat terbukti menjadi hit, sehingga menjadikan wajah Hanna-Barbera tidak asing dengan kartun Sabtu pagi.

Tidak lama kemudian formula Scooby mendominasi hiburan anak-anak, pada tahun 1970-an dan 80-an hingga menghadirkan banyak sekali peniru.

Namun, pada tahun 1990-an, formula tersebut akhirnya dialihkan ke seri yang lebih matang dan berbiaya tinggi.

BACA JUGA:Bagaimana Ending Film Suzume? Berikut Review Animasi Mahakarya Terbaru Makoto Shinkai!

BACA JUGA:Serial Animasi Pertama yang Populer Di Dunia, Begini Sejarah Anime Astro Boy Karya Osamu Tezuka

Scooby-Doo, pada intinya, adalah formula dasar prosedur kepolisian yang dirancang ulang untuk anak-anak, dengan bonus penjahat kreatif dan estetika horor.

Serial ini mengikuti Scooby dan kawan-kawan saat mereka melakukan perjalanan keliling Amerika, kemudian dunia dan untuk memecahkan sebuah misteri horor.

Scooby-Doo selalu menarik untuk disaksikan mengingat setiap episodenya selalu memiliki rumus yang terkenal: Tim tersebut tiba, bertemu singkat dengan monster, dan terikat dalam misteri rumit yang harus mereka pecahkan.

Setiap kali dalam serial aslinya, sebuah episode akan berakhir dengan tim pemecah misteri tersebut membuka kedok penjahat.

BACA JUGA:7 Anime Lawas dengan Pertarungan yang Jauh Lebih Intens dan Kreatif Daripada Naruto

BACA JUGA:Anime Cyberpunk: Edgerunners, Sempat Diremehkan Padahal Punya Ending yang Luar Biasa dan Manis

Seringkali, terungkap bahwa orang di balik topeng itu mencoba menakut-nakuti seseorang agar menyerahkan tanahnya atau mengungkapkan lokasi harta karun yang tersembunyi.

Banyak yang bahkan berkomentar tentang bagaimana produksi serial tersebut selama resesi perumahan memengaruhi fokusnya pada kejahatan properti.

Scooby dan Shaggy ditetapkan dalam serial ini sebagai pengecut, dan biasanya menganggap segala sesuatu begitu saja, percaya bahwa monster itu nyata.

Sedangkan Velma dan Fred biasanya menjadi kelompok yang skeptis dan detektif sebenarnya.

BACA JUGA:Siapa Margarette Macron? Penyihir Istimewa di Anime Mashle: Magic and Muscles

BACA JUGA:Roronoa Zoro, Pendekar Pedang Terkuat Di Anime One Piece

Sementara Daphne sering kali menjadi gadis dalam kesulitan yang harus diselamatkan oleh kelompok tersebut bahkan mendapat julukan "Daphne yang rawan bahaya".

Hal ini menciptakan dinamika yang luar biasa di antara tim, yang mengeksplorasi alasan logis, terutama karena Velma dan Fred akan memandu penonton melalui kejahatan di akhir.

Seiring berjalannya sebuah episode, kelompok tersebut akan menemukan petunjuk, yang masing-masing mengarah pada tersangka untuk diselidiki oleh tim tersebut.

Proses sebuah episode pada dasarnya adalah misteri Sherlock Holmes yang kental, dan itu bekerja dengan sangat baik.

BACA JUGA:Siapa Karakter di Anime One Piece yang Bisa Mengalahkan Shanks?

BACA JUGA:Karakter Utama Protagonis di Anime JoJo's Bizarre Adventure Pada Setiap Season

Salah satu hal yang patut mendapat pengakuan khusus dari Scooby-Doo adalah bagaimana ia menyeimbangkan perspektif skeptis terhadap ketakutan terhadap monster dan hal-hal yang tidak diketahui.

Salah satu orang yang mengakui dan memuji hal ini adalah fisikawan Carl Sagan, yang memuji serial tersebut karena mengekspos anak-anak pada skeptisisme dan metode ilmiah.

Awalnya, Scooby-Doo selalu mengungkapkan bahwa monster itu tidak nyata, meskipun hal itu berubah seiring bertambahnya usia serial animasi ini.

Meskipun orang yang skeptis dipasangkan dengan orang yang ilmiah telah menjadi hal yang biasa, hal ini tidak umum di TV sebelum kartun tersebut diluncurkan.

BACA JUGA:4 Fusion Terkuat yang Ada di Anime Dragon Ball

BACA JUGA:5 Kutipan Nasihat Bijaksana dari Kakashi Hatake di Anime Naruto dan Boruto

Sebagian besar fiksi ilmiah lebih bernuansa Star Trek, dan hanya ada sedikit skeptisisme terhadap hal-hal yang tidak diketahui terhadap serial yang dikhususkan untuk eksplorasinya.

Sebelum Scooby-Doo, TV biasanya sangat aneh dan fantastik, atau membumi dan serius.

Kemudian Hanna-Barbera memberi penonton serial yang menarik bagi mereka yang kreatif dan analitis, kali ini memungkinkan penonton untuk percaya bahwa monster itu mungkin nyata, hanya untuk menjelaskan kebenaran di bagian akhir.

Dalam beberapa episode, bahkan Velma dan Fred mempertanyakan kenyataan ketika penjahat dapat melewati tembok dan terbang.

BACA JUGA: Anime Solo Leveling: Mengenal Apa Itu Hunter, Tipe Hunter dan Peringkat Hunter

BACA JUGA:9 Hal yang Jarang Diketahui Ketahui Tentang Neferpitou di Anime Hunter X Hunter

Cara serial ini mendorong penonton untuk mencari penjelasan logis atas hal-hal yang tampaknya mustahil mengajarkan pemikiran kritis dan deduksi logis.

Melalui penggunaan petunjuk-petunjuk kecil, serial ini bahkan mengajak penonton untuk mencoba memecahkan misteri itu sendiri.

Meskipun banyak acara yang mengklaim telah mengubah wajah televisi, Scooby-Doo adalah salah satu dari segelintir acara yang benar-benar dapat mengklaim kehormatan tersebut.

Hal ini tidak hanya mendefinisikan kartun Sabtu pagi selama dua dekade, tetapi juga mendorong banyak generasi pencipta untuk mengikutinya.

BACA JUGA:5 Penjahat Dengan Kebanggaan Ekstrim Pada Diri Sendiri Hingga Memiliki Kesombongan Tingkat Dewa di Anime

BACA JUGA: Seberapa Kuat Wujud Sempurna Sukuna Pada Anime Jujutsu Kaisen

Dengan lebih dari lima dekade media dibuat dengan gaya ini sejak serial ini pertama kali ditayangkan, dapat dikatakan bahwa banyak acara TV berhutang budi pada Hanna-Barbera.

Kumpulan kiasan populer di satu tempat, dengan penekanan pada skeptisisme, pekerjaan detektif, dan kebenaran, menghasilkan formula abadi yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti untuk populer.

Pengaruh langsung dan tidak langsung Scooby-Doo terus dirasakan melalui berbagai acara x-cops monster-of-the-week dan tetap menonjol dalam animasi.

Melalui parodi, sindiran, konsep ulang, dan penghormatan yang tak terhitung jumlahnya, serial ini telah menjadi legenda pada seluruh sub-genre TV, dan menjadi salah satu yang paling sukses.

BACA JUGA:Sosok Penting Dibalik Karakter Kuat! 7 Mentor Terbaik di Anime Sepanjang Masa

BACA JUGA:7 Peringkat Iblis Terkuat dan Paling Menakutkan Pada Anime Chainsaw Men

Penonton menyukai misteri, monster, dan ide-ide baru, dan Hanna-Barbera tidak kekurangan ketiganya untuk Scooby dan kawan-kawan.

Serial ini berdiri sebagai salah satu waralaba serial animasi terlama dalam sejarah Amerika, dan formulanya telah teruji oleh waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: