Seni Miniatur: 6 Cara Merawat Tanaman Bonsai agar Tumbuh Subur dan Sehat

Seni Miniatur:  6 Cara Merawat Tanaman Bonsai agar Tumbuh Subur dan Sehat

Ada beberapa cara merawat tanaman bonsai agar tumbuh subur dan sehat. --

SUMEKS.COBonsai bisa diartikan seni miniatur pohon yang memperlihatkan keindahan alam dalam skala kecil. Dan itulah yang membuat tanaman kerdil ini menarik.

Merawat tanaman bonsai penting untuk menjaga keindahan dan kesehatannya, terutama jika ingin mempercantik ruangan dengan bonsai. Dengan perawatan yang baik dapat menciptakan keindahan dan harmoni  di dalam ruangan atau taman. 

Merawat tanaman bonsai melibatkan pemangkasan, penyiraman, dan perawatan akar. Ini membantu menjaga kesehatan tanaman dan memastikan pertumbuhannya tetap optimal.

Berikut adalah beberapa cara merawat tanaman bonsai agar tetap sehat dan indah di rumah:

BACA JUGA:Cara Perawatan Scindapsus Pictus, Tanaman Hias yang Memiliki Daun Nan Cantik

BACA JUGA:7 Jenis Anggrek Tanaman Hias yang Cantik Menawan untuk Dekorasi Interior Rumah

1. Penyiraman

 Lakukan penyiraman secara rutin agar akar bonsai yang tertanam di dalam media tanam selalu mendapatkan asupan air yang cukup. Pastikan air yang Anda gunakan bersih, jernih, tak berbau, dan ber-pH netral. 

Pada musim penghujan, penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Jangan lupa memastikan lubang pada dasar pot tidak tersumbat agar air dapat mengalir dengan baik.

Penyiraman adalah salah satu aspek penting dalam merawat tanaman bonsai. Siram pohon bonsai ketika tanah mulai agak kering.

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Hias Daun Scindapsus, Cocok Digantung atau Tempel Di Dinding

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Interior Rumah dan Udara Lebih Sejuk

Jangan menyiram saat tanah masih basah. Anda bisa menggunakan jari untuk menjajaki permukaan tanah sekitar 1 cm. Pastikan tanah tidak terlalu kering atau terlalu basah.

Jangan menyiram secara rutin setiap hari. Amati kondisi tanaman secara individu dan sesuaikan penyiraman berdasarkan kebutuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: