Minum Sambil Berdiri Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Minum Sambil Berdiri Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Efek kebiasaan buruk minum sambil berdiri-ilustrasi -

SUMEKS.CO - Kebiasaan kecil bisa jadi fatal, minum sambil berdiri bisa menyebabkan banyak hal buruk termasuk kematian, apakah benar? Cari tau faktanya disini ya.

Mungkin kita sering melihat atau bahkan pernah melakukan kebiasaan minum sambil berdiri yang ternyata punya dampak buruk untuk kesehatan.

Hal ini juga di bahas oleh Udjie Tongky, Coach Fatloss bersertifikat sekaligus Healthy Konsultan menyebutkan berbagai efek daripada minum sambil berdiri.

“Efek minum sambil berdiri bisa sebabkan arthitis atau radang sendi, gangguan pencernaan karena otot dalam keadaan tegang, berbahaya untuk dinding perut dan ginjal tidak dapat menyaring dengan baik dan maag,” kata Udjie Tongky dalam akun Facebooknya @odjieibrahim dikutip pada Sabtu 23 Maret 2024.

BACA JUGA:7 Makanan yang Disebutkan dalam Al-Qur’an, Kaya Manfaat dan Baik Bagi Kesehatan

BACA JUGA:6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan. Memberi Rasa Hangat dan Menyegarkan, Baik Dikosumsi Selama Puasa Ramadan

Tidak sampai disitu saja Udjie juga menjelaskan bahwa saran untuk tidak minum sambil berdiri ini bahkan diajarkan dalam Islam.

Berikut ini beberapa hadis yang mengatur tentang minum sambil berdiri.

Hadis dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW melarang seseorang minum sambil berdiri. Qatadah, seorang sahabat, bertanya pada Anas, “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek”.

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan” Hadis dari Abu Hurairah

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Pastikan Tetap Layani Peserta saat Libur Lebaran 2024

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2024: Tampilan Semakin Berkelas, Cocok Untuk Memantau Kesehatan dan Olahraga

Berdasarkan hadis-hadis ini, para ulama sepakat bahwa makan atau minum sambil duduk lebih utama daripada sambil berdiri. 

Meskipun ada situasi tertentu di mana Nabi Muhammad SAW makan atau minum sambil berdiri, seperti ketika ada halangan yang menghalangi beliau untuk duduk, tetapi itu bukanlah kebiasaan yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: