Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Waktu Penerbangan, Masuk Dalam Kategori Insiden Serius

Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Waktu Penerbangan, Masuk Dalam Kategori Insiden Serius

Kronologi insiden Pilot dan Kopilot Batik Air tertidur 28 menit waktu penerbangan-ilustrasi-

SUMEKS.CO - Dunia penerbangan kembali heboh dan bikin geger pasal kelakuan Pilot dan Co-pilot dari Lion Group yakni Batik Air tertidur 28 menit selama penerbangan membawa penumpang.

Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang merisil insiden pilot dan kopilot pesawat Batik Air rute Kendari-Jakarta tertidur selama 28 menit.

Parahnya lagi akibat dari lalainya pilot dan kopilot Batik Air ini, pesawat melaju di luar jalur penerbangan bahkan tidak merespons pusat pengendali wilayah (Area Control Centre/ACC).

Insiden ini masuk sebagai kategori insiden serius yang meski tidak ada korban ataupun yang terluka serta tidak ada kerusakan di bagian pesawat tetapi jika lalai bisa menyebabkankan kemungkinan lain.

BACA JUGA:Detik-detik Penampakan Lokasi Puing-puing Pesawat Smart Air di Binuang Kaltara Terekam Tim SAR

BACA JUGA:Pencarian Pesawat Maskapai Smart Air Hilang Kontak Dilanjutkan Hari Ini

Dikutip dari berbagai sumber, penyelidik KNKT menjabarkan bahwa awak Batik Air tersebut adalah seorang pilot berusia 32 tahun dan seorang copilot yang berusia berusia 28 tahun. 

Dalam insiden yang terjadi, keduanya mengoperasikan pesawat Airbus A320 dengan nomor penerbangan ID6723 dari Kendari ke Jakarta.

Pada saat perjalanan pesawat dikendalikan oleh dua pilot Batik Air dan empat kru pramugari.

Nah pada waktu penerbangan dari Jakarta menuju Kendari, pilot menawarkan kepada kopilot untuk tidur karena dirinya terlihat tampak kelelahan.

BACA JUGA:Pesawat Maskapai Smart Air Hilang Kontak, Bawa 583 Kg Sembako Tujuan Lapter Benuang

BACA JUGA:Pasutri Bersepeda ke Tanah Suci Mahal, Disarankan Netizen Naik Pesawat Aja, Rafli Kutip Cuitan Fiersa Besari

Menerima tawaran tersebut kopilot memutuskan untuk tidur selama 30 menit, dan pilot yang akan mengambil alih tugas kopilot sementara hingga akhirnya  pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Kendari.

Pusat kendali wilayah Jakarta menanyakan kepada awak Batik Air berapa lama A320 terbang pada jalur yang dilalui namun karena kecerobohan tersebut tidak mendapat tanggapan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: