Tetap Bugar! Berikut Tips Aman Olahraga Meski Sedang Puasa

Tetap Bugar! Berikut Tips Aman Olahraga Meski Sedang Puasa

--

SUMEKS.CO - Berikut ada beberapa tips aman berolahraga saat puasa yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan tetap aktif selama bulan Ramadhan.

Menjalankan ibadah puasa, bukanlah menjadi alasan umtuk malas berolahraga. Ada beberapa tips berolahraga saat puasa agar dapat membuat tubuh dapat terjaga kebugarannya sehingga tetap lancar beraktivitas.

Yuk simak apa saja tips olahraga saat puasa agar tubuh tetap bugar, berikut diantaranya : 

1. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat 

Pilih olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda santai. Olahraga ini dapat dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu. 

BACA JUGA:Cara Menahan Rasa Lapar dan Haus Saat Menjalankan Ibadah Puasa yang Patut Dicoba!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Mengatasi Bau Mulut, Jaga Kesegaran saat Berpuasa

Namun Hindari olahraga berat seperti berlari atau angkat beban. Olahraga berat dapat dilakukan 1-2 jam setelah berbuka puasa.

2. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga 

30-120 menit sebelum berbuka adalah waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa. Dengan begitu, energi yang digunakan selama olahraga dapat segera digantikan setelah berbuka.

Hindari berolahraga di luar ruangan saat siang hari karena dapat menyebabkan dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh secara berlebihan.

3. Menjaga Asupan Nutrisi

Sahur dan berbuka adalah momen penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pastikan porsi makanan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

BACA JUGA:Anti Mager dan Lesu! 7 Tips agar Tetap Fokus dan Produktif Bekerja Saat Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: