Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41, Plh Sekda Edward Candra Tanam 400 Bibit Pohon di Punti Kayu

Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41, Plh Sekda Edward Candra Tanam 400 Bibit Pohon di Punti Kayu

Penanaman 400 bibit berbagai jenis pohon dalam rangka memperingati hari bakti rimbawan ke-41--

SUMEKS.CO - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  Edward Candra bersama Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Laksmi Wijayanti serta Ketua DPRD Provinsi Sumsel R.A. Anita Noeringhati menanam 400 bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke -41.

Terdapat berbagai jenis pohon yang ditanam, di antaranya pohon pulai, bayur, ketapang, kencana, serta pohon buah alpukat dan duku.

Dalam sambutannya, Edward mengatakan Provinsi Sumsel memiliki hutan yang sangat luas, oleh karena itu perlu dijaga bersama-sama.

Kemudian, dibutuhkan juga mitigasi perubahan iklim sebagai langkah pemulihan lingkungan hidup, termasuk juga bagian dari rehabilitasi hutan

BACA JUGA:Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, Tanami Pohon di Lahan Gambut OKI

BACA JUGA:Jalur Musi Rawas Lancar, Hati-Hati Pohon Tumbang, Pengendara Diminta Tetap Waspada

“Hari ini para rimbawan berulang tahun, sekali lagi kita ucapkan selamat dan sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan, pengabdian terhadap lingkungan, pengabdian terhadap keberadaan atau eksistensi hutan,,” kata Edward dalam kegiatan di Punti Kayu Palembang, pada Kamis 7 Maret 2024.

Penanaman pohon juga merupakan upaya penanganan dini berupa aksi mitigasi perubahan iklim yang berfungsi sebagai pelindung dan peneduh.

Selain itu juga sebagai upaya mengurangi peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) sekaligus mencegah terjadinya banjir dan menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang nyaman dan segar bagi masyarakat. 

“Untuk itu, mari kita tanamkan harapan masa depan hijau yang berkelanjutan melalui partisipasi aktif seluruh pihak dan masyarakat dalam peningkatan aksi konkret ini agar terwujud dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” lanjutnya.

BACA JUGA:Pj Wako Palembang Ratu Dewa Gencarkan Gerakkan Tanam Pohon, Antisipasi Pencemaran

BACA JUGA:Sihir Seni Jalanan Brasil Karya Fabio, Memadukan Grafiti dan Pohon Serta Pagar Sebagai Kanvasnya

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Laksmi Wijayanti mengatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian yang keempat, dimana kegiatan penanaman serentak se-Indonesia pertama dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Jakarta.

Kemudian yang kedua dipimpin oleh Wakil Presiden RI di Banten, dan yang ketiga dipimpin Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Cianjur, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: