5 Sunnah Ketika Mendengar Azan, Jangan Lewatkan Kesempatan Berdoa di Waktu Mustajab

5 Sunnah Ketika Mendengar Azan, Jangan Lewatkan Kesempatan Berdoa di Waktu Mustajab

Ilustrasi 5 sunnah yang dilakukan setelah mendengar azan dan memanfaatkan waktu mustajabnya untuk berdo'a.--net

SUMEKS.CO - Berikut ini 5 sunnah ketika mendengar adzan dan jangan sampaikan melewatkan kesempatan mustajabnya do’a setelah adzan.

Azan menjadi seruan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat wajib dan memiliki kedudukan khusus dalam agama Islam.

Oleh karena itu, terdapat 5 sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika mendengarkan azan.

1. Mengikuti Ucapan Mu’adzin

BACA JUGA:5 Kunci Amalan Melancarkan Rezeki Agar Tidak Serat dan Tersendat, Bikin Harta Terus Bertambah

BACA JUGA:Keutamaan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan, Amalan Disukai Allah dan Berpahala Seperti Shalat Sepanjang Malam

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri bahwa Rasulullah SAW berkata, "Jika kalian mendengar panggilan (Azan), maka hendaklah kalian mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin.

Namun pada ucapan "Hayya ala ash shalah dan hayya ala alfalah", maka dianjurkan mengucapkan, "Laa haula wa laa quwwata illa billah."

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Mu'awiyah bin Abi Sufyan “Bahwa ketika ia mendengar, "Hayya ala ash-shalah" maka ia mengucapkan, "Laa haula wa laa quwwata illa billah," lalu ia berkata, "Beginilah yang kami dengar dari ucapan Nabi kami."

2. Bershalawat Kepada Nabi SAW

BACA JUGA:10 Amalan Utama Selama Bulan Puasa Ramadhan, Bakal Sayang Banget Kalau Dilewatkan Loh

BACA JUGA:Haid Saat Malam Nisfu Syaban? Tenang, Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan Agar Tetap Berpahala

Sunnah kedua ialah dengan membaca shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebab shalawat memiliki banyak keutamaan salah satunya ialah dikabulkannya do’a.

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah SWT dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: