Wah! Ternyata Pempek Palembang Punya Banyak Saudara Kembar, Serupa Tapi Tak Sama

Wah! Ternyata Pempek Palembang Punya Banyak Saudara Kembar, Serupa Tapi Tak Sama

Wah! Ternyata Pempek Palembang Punya Banyak Saudara Kembar, Serupa Tapi Tak Nama Namun Menggugah Selera--

SUMEKS.CO - Mungkin ada diantara kamu yang belum tahu bahwa makanan ikonik Pempek khas Palembang ternyata ada banyak saudara kembarannya.

Khasanah makanan tradisional di Indonesia terutama dari Provinsi Sumatera Selatan seperti Pempek, cukup dikenal luas hingga ke mancanegara.

Hingga makanan olahan dari daging ikan yang disantap bersama dengan kuah cuka asam dan pedas ini, terdaftar sebagai salah satu warisan kekayaan Indonesia hingga saat ini.

Namun, ternyata Pempek Palembang ada saudara kembarannya loh? Yaitu Pempek Bangka dan Pempek Pati.

BACA JUGA:Recok Makanan Khas Palembang, Perpaduan Pempek dan Kuah Model

Layaknya saudara kembar, meski secara kasat mata memiliki bentuk dan tekstur yang sama namun ternyata memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya.

Lantas, apa perbedaan antara Pempek Palembang dengan Pempek Bangka dan Pempek Pati? Yuk simak lebih lanjut perbedaan keduanya dalam artikel berikut ini.

Dirangkum dari berbagai sumber informasi, Sabtu 2 Maret 2024, umumnya bahan utama pembuatan Pempek Palembang terbuat dari daging ikan sungai giling segar.

Berbeda dengan Pempek Bangka, bahan utamanya adalah daging laut yang digiling serta diolah dengan menggunakan tepung tapioka.

BACA JUGA:Melihat Lebih Dekat Usaha Pempek Jimmy Devaten, Merintis Usaha Sejak 2003, Penjualan Sudah Sampai ke Abu Dhabi

Biasanya ikan yang diolah menjadi pempek merupakan jenis ikan air laut seperti tenggiri, parang-parang dan lain sebagainya.

Hal tersebut, lantaran Kota Palembang dan daerah lainnya di Provinsi Sumatera Selatan tidak terdapat laut seperti di Provinsi Bangka dan Belitung.

Perbedaan lainnya antara Pempek Palembang dengan Pempek Bangka yakni dari kuah masing-masing.

Sebagaimana diketahui, kuah atau "cuko" dalam bahasa Palembang ini umumnya memiliki rasa yang sedikit manis dan pedas serta lebih kental dibandingkan Pempek Bangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: