Hujan Deras, Rumah Rakit di Pedamaran OKI Hanyut Sejauh 500 Meter, Untung Warga Gercep!

Hujan Deras, Rumah Rakit di Pedamaran OKI Hanyut Sejauh 500 Meter, Untung Warga Gercep!

Rumah rakit yang hanyut terseret arus air Sungai Babatan di Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI, Kamis 15 Februari 2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

Hujan Deras, Rumah Rakit di Pedamaran OKI Hanyut Sejauh 500 Meter, Untung Warga Gercep!

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Hujan lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mengakibatkan satu unit rumah rakit hanyut. 

Peristiwa itu terjadi, Kamis 15 Februari 2024 sekira pukul 17.20 WIB, dimana di Desa Cinta Jaya dilanda hujan deras sejak pukul 16.45 WIB dengan intensitas lebat. 

Rumah rakit yang hanyut tersebut, merupakan milik M Ali (50) berada di pinggiran Sungai Babatan, Kecamatan Pedamaran. 

Berdasarkan informasi rumah rakit yang sudah lama berdiri ini oleh pemiliknya setiap hari dijadikan tempat usaha kerupuk kemplang. 

BACA JUGA:Sepakat Damai, Rumah Rakit Ditabrak Kapal Wisata Segentar Alam Segera Diperbaiki Dinas Perhubungan Palembang

"Rumah rakit sudah lama ada dan juga dijadikan sebagai tempat usaha pembuatan kerupuk kemplang oleh pemiliknya," kata Indrawadi tetangga korban. 

Indrawadi mengatakan, pada saat kejadian itu beruntung pemilik rumah sedang tidak ada dalam rumah yang hanyut. Sehingga tidak ada korban jiwa. 

Dimana rumah korban bersebelahan dengan rumah rakit yang hanyut tersebut. Rupanya rumah rakit dengan ukuran lumayan besar ini selain dikarenakan hujan lebat yang terjadi juga dikarenakan hantaman tumbuhan air jenis Kumpai di Sungai Babatan. 

"Di Sungai Babatan ini juga banyak tanaman air jenis kumpai jadi dihantam tanaman itu saat tertiup angin kencang," jelasnya. 

BACA JUGA:Angkut Puluhan Siswa SMA, Kapal Sigentar Alam Tabrak Rumah Rakit di Perairan Sungai Musi Palembang

Dijelaskannya, hanyutnya rumah rakit ini sekitar 500 meter lebih dari posisi awalnya. Atas peristiwa itu masyarakat sekitar langsung membantu dengan  bergotong royong menyelematkan dan mengembalikan rumah rakit tersebut ke tempatnya semula.

Atas peristiwa itu, Kapolsek Pedamaran AKP Made Oka Sumbawa didampingi Kanit Intelkam Aiptu Jasli Alxander langsung mendatangi lokasi.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat desa yang telah membantu korban untuk menarik rumah korban ke posisi semula," kata Kapolsek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: