Jelang Cap Go Meh 2024, Ini yang Dilakukan Panitia di Pulau Kemaro

Jelang Cap Go Meh 2024, Ini yang Dilakukan Panitia di Pulau Kemaro

Puncak perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro berlangsung selama dua hari yakni 22-23 Februari 2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Puncak perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro berlangsung selama dua hari yakni 22-23 Februari 2024.

Saat ini, sejumlah panitia perayaan Cap Go Meh 2024 sedang maksimalkan sejumlah persiapan di Pulau Kemaro sebagai tempat pelaksanaan. 

Terlebih, perayaan Cap Go Meh 2024 telah dimasukkan dalam kalender event nasional dan akan difokuskan di beberapa daerah termasuk Palembang. 

Hal itu diungkapkan Panitia Cap Go Meh 2024, Cik Harun, Jumat 9 Februari 2024.

BACA JUGA:Program Sehat Sejahtera Pulau Kemaro Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

"Pulau Kemaro di Palembang sudah siap menyambut tradisi tahunan Cap Go Meh sebagai pusat perayaan," ungkapnya. 

Cik Harun menjelaskan, saat ini pihak panitia sedang melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut puncak perayaan Cap Go Meh 2024.

Persiapan telah dilakukan di Pulau Kemaro antara lain memotong rumput yang sudah tinggi, pengecatan ulang pagar yang kusam, perbaikan pagar yang roboh, dan kegiatan bersih-bersih lainnya di kawasan.

Mendekati Cap Go Meh saat satu minggu atau 10 hari sebelumnya akan menjadi waktu yang sibuk dengan pemasangan lampion, persiapan sembahyang, dupa, pondokan, dan hal lainnya.

BACA JUGA:Hari Terakhir Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro, Ribuan Umat Tionghoa Ziarah ke Makam Tan Bun An & Siti Fatimah

"Saat ini, fokusnya adalah membersihkan area, menyiapkan dermaga, dan rencananya akan dibangun jembatan dari ponton tongkang," jelasnya. 

Lanjut Harun menuturkan, tiga pekan yang lalu, pulau Kemaro telah menjalani proses pembersihan karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk membersihkan area yang luas. 

"Selain itu, rencananya akan dipasang banyak lampu penerbangan, lampu lampion, umbul-umbul, serta spanduk lainnya," tuturnya. 

Harun juga menginformasikan bahwa pemasangan ponton atau tongkang direncanakan pada 19 Februari untuk mendukung perayaan Cap Go Meh pada 22-23 Februari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: