Ingin Hidup Bahagia? Yuk Belajar Dari Finlandia, Jauhi 3 Hal Ini!

Ingin Hidup Bahagia? Yuk Belajar Dari Finlandia, Jauhi 3 Hal Ini!

Masyarakat Finlandia paling bahagia di Dunia--

SUMEKS.CO - Orang Finlandia menjalani hidup dengan prinsip "Kell onni on, se onnen kätkeköön" yang artinya jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan anda.

Prinsip ini dianggap sebagai kontributor utama dalam membuat Finlandia menjadi salah satu bangsa paling bahagia di dunia.

Kenyataannya, negara di Eropa utara itu tetap menduduki peringkat pertama dalam World Happiness Report selama enam tahun berturut-turut!

Lantas, apa rahasia yang membuat warga Finlandia menjadi orang yang paling bahagia di dunia?

BACA JUGA:Temuan Arkeolog di Finlandia Tongkat Berkepala Ular, Benarkah Tongkat Nabi Musa?

Frank Martela, seorang filsuf dan ahli psikologi asal Finlandia mengungkapkan tiga kebiasaan yang diyakini sebagai kunci kebahagiaan oleh penduduk Finlandia.

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Martela menyampaikan bahwa di Finlandia, orang-orang tidak suka menunjukkan kekayaan mereka kepada orang lain dan cenderung menjalani hidup dengan sederhana.

Mereka memegang teguh prinsip "Kell' onni on, se onnen kätkeköön," yang artinya "Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda."

Orang Finlandia meyakini bahwa salah satu prinsip kebahagiaan adalah berfokus pada hal yang membuat mereka bahagia dan tidak memamerkan kesuksesan.

BACA JUGA:Cara Agar Mendapat Anak Saleh dan Salihah Berdasarkan Doa Dalam Alquran, 5 Surah Ini Bikin Keluarga Bahagia

Mereka meyakini bahwa langkah awal menuju kebahagiaan sejati adalah menetapkan standar pribadi dan menghindari perbandingan dengan orang lain.

2. Mengabaikan alam

Menurut survei Sitra tahun 2021, 87% penduduk Finlandia meyakini bahwa alam memainkan peran krusial dalam kehidupan manusia dengan memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi.

Di Finlandia, setiap pekerja memiliki hak untuk mendapatkan cuti musim panas selama empat minggu atau satu bulan.

Umumnya, mereka akan menggunakan waktu libur tersebut untuk berwisata ke pedesaan dan merasakan kedekatan dengan alam.

BACA JUGA:Rusia Invasi Ukraina, Swedia-Finlandia Polandia Gabung NATO?

Semakin minim peralatan modern, bahkan tanpa listrik atau air mengalir di rumah, semakin dianggap lebih baik.

Bagi penduduk Finlandia, menghabiskan waktu di alam terbuka dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup, kesejahteraan, dan mendukung proses pengembangan diri.

3. Mengambil hak orang lain

Menurut penelitian National Bureau of Economic Research, tingkat kebahagiaan suatu negara akan meningkat seiring tingginya tingkat kejujuran dan kepercayaan masyarakatnya.

Pada tahun 2022, Reader's Digest melakukan eksperimen dompet hilang di berbagai negara untuk menguji kejujuran masyarakat.

BACA JUGA:Tolak Finlandia dan Swedia, Erdogan: Negara Nordik adalah Rumah bagi Organisasi Teroris

Dari 192 dompet yang dijatuhkan di 16 kota di seluruh dunia, 11 dari 12 dompet yang jatuh di Helsinki, Finlandia, berhasil dikembalikan kepada pemiliknya.

Martela menyebutkan bahwa di Finlandia, saling percaya dan menghargai kejujuran merupakan kecenderungan.

Dia meyakinkan bahwa warga Finlandia dapat diandalkan untuk mengembalikan barang berharga yang tertinggal di tempat umum atau tidak akan mengambil barang yang sengaja ditinggalkan oleh pemiliknya.

Anak-anak di Finlandia sering menggunakan transportasi umum dan bermain di luar tanpa pengawasan orang dewasa, menunjukkan bahwa Finlandia merupakan negara yang aman. 

BACA JUGA:Listrik Finlandia Tergantung Rusia, Tapi Negara Ini Ingin Lepas Status Netral

Dari 12 dompet yang terjatuh di Helsinki, Finlandia, sebanyak 11 diantaranya berhasil dikembalikan kepada pemiliknya.

Selain itu Martela juga menyatakan bahwa di Finlandia, normanya adalah kepercayaan dan penghargaan terhadap kejujuran.

Dia yakin bahwa warga Finlandia akan dengan pasti mengembalikan barang berharga yang terlupa di tempat umum dan tidak akan mengambil barang yang sengaja ditinggalkan oleh pemiliknya.

Anak-anak di Finlandia sering menggunakan transportasi umum dan bermain di luar tanpa pengawasan orang dewasa, menunjukkan bahwa negara ini aman.

BACA JUGA:MotoGP Finlandia 2022 Resmi Dibatalkan

Sebagai informasi tambahan. Finlandia ialah sebuah negara Nordik yang terletak di utara Eropa menawarkan keindahan alam yang memukau, kebudayaan yang kaya, dan sistem pendidikan yang sangat diakui.

Dengan populasi sekitar 5,5 juta jiwa, negara ini menjadi perpaduan antara modernitas perkotaan dan keaslian alam.

Finlandia terkenal dengan lanskap alamnya yang menakjubkan. Hutan yang luas, danau yang indah, serta cuaca yang ekstrem di musim dingin menciptakan pemandangan yang spektakuler.

Aurora borealis, atau Cahaya Utara, juga dapat disaksikan di langit Finlandia, menambah keajaiban alam yang dimiliki negara ini.

BACA JUGA:Kolektor yang Romantis Tapi Sedang Putus Asa, Dapat Kembalikan Mood Bahagia Melalui Jam Tangan Happiewatch

Budaya Finlandia dipengaruhi oleh sejarahnya yang panjang. Sastra Finlandia, seperti karya-karya Elias Lönnrot, mencerminkan kekayaan mitologi dan epik nasional.

Saat ini, seni rupa kontemporer, musik, dan desain Finlandia juga memainkan peran penting dalam mempertahankan warisan budaya negara ini.

Selain itu, Finlandia dikenal dengan sistem pendidikannya yang terkenal di seluruh dunia.

Pendekatan yang inovatif dan fokus pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis telah menjadikan Finlandia sebagai model dalam pendidikan global. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: