Begini Status Eks Proyek Masjid Sriwijaya Jakabaring Palembang Senilai Rp130 Miliar

Begini Status Eks Proyek Masjid Sriwijaya Jakabaring Palembang Senilai Rp130 Miliar

Eks proyek Masjid Sriwijaya, kondisinya kini makin memprihatinkan dan sepertinya dibiarkan terbengkalai begitu saja. Foto: Fadli/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Update kondisi terkini eks proyek Masjid Sriwijaya, kondisinya kini makin memprihatinkan pasca polemik kasus korupsi yang sempat membuat heboh publik beberapa waktu lalu.

Eks proyek masjid yang digadang-gadang bakal menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara ini sepertinya dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Dari pantauan Senin 5 Februari 2024, proyek yang telah memakan anggaran 130 miliar rupiah ini, hanya berdiri pondasi dan beberapa tiang itu pun telah banyak ditutupi oleh semak belukar.

Tidak ada tanda-tanda, bahwa pembangunan masjid yang berlokasi di Jalan Gubernur HA Bastari, Kelurahan Jakabaring, Palembang ini bakal dilanjutkan kembali atau tidak.

BACA JUGA:Kasus Masjid Sriwijaya, Penyidik Garap Saksi di Lapas

Justru, pada beberapa bagian lahan eks pembangunan masjid telah ditempati beberapa bangunan permanen yang diklaim merupakan lahan milik warga yang telah berkekuatan hukum tetap.

Arfani (37) warga Pangeran Ratu Jakabaring, sangat berharap agar Masjid Sriwijaya dilanjutkan kembali pembangunannya sebagai sarana ibadah bagi masyarakat sekitar.

Terlebih, di sekitar lokasi sering dijadikan tempat istirahat para orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) hingga terkadang tempat kumpul remaja.

"Kita tidak tahu ke depan jika kondisi pembangunan dibiarkan begitu saja, takutnya malah jadi sarang aksi kriminal yang melibatkan remaja," ujar Arfani.

BACA JUGA:Lanjutan Sidang Kasus Masjid Sriwijaya, Jaksa Kembali Hadirkan Muddai Madang-Alex Noerdin

Senada diungkapnya warga lainnya, Husin (46) yang menginginkan agar proses pembangunan Masjid Sriwijaya tetap dilanjutkan hingga selesai.

Lantaran, menurutnya keberadaan masjid di daerah tersebut tergolong sangat langka dan dirasa jauh dari jangkauan warga sekitar.

"Bikin masjid yang kecil juga tidak apa, asalkan bisa dijadikan sarana ibadah masyarakat sekitar, dari pada lahannya mubazir pak", singkat Husin dibincangi.

Harapan warga tersebut, juga senada dengan pernyataan Marzuki Ali mantan ketua DPR RI sekaligus tokoh Sumsel yang menginginkan agar rencana Pembangunan Masjid Sriwijaya tetap dilanjutkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: