Tim Pengawasan Kemetrologian Awasi Alat Ukur Timbang Pedagang Buah Musiman di Kayuagung

Tim Pengawasan Kemetrologian Awasi Alat Ukur Timbang Pedagang Buah Musiman di Kayuagung

Tim pengawasan kemetrologian Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, awasi langsung alat ukur pedagang buah musiman di Simpang Exit tol Celikah Kayuagung. Foto: Niskiah/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Tim Pengawasan Kemetrologian Dinas Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan pengawasan alat Ukur Timbang Takar dan Perlengkapannya (UTTP). 

Yakni dengan turun langsung mengawasi alat ukur timbang pedagang buah musiman di Kayuagung, Selasa 30 Januari 2024.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H Alamsyah didampingi Pengawas Kemetrologian, Jaka Wisnu SH, menjelaskan, pengawasan kemetrologian yang dilaksanakan hari ini yaitu kepada sejumlah pedagang buah musiman di Kayuagung. 

Rata-rata pedagang buah di lokasi Jalan Lintas Timur Desa Celikah Kayuagung, tepatnya di seputaran exit tol Kayuagung-Palembang. 

BACA JUGA:Tera Ulang Timbangan, Pedagang Pasar di Kabupaten OKI Diingatkan untuk Bersikap Jujur

"Tadi tim pengawasan kemetrologian kita bersama-sama turun langsung ke pedagang buah di Celikah. Apalagi sekarang lagi ramai pedagang buah," ujar Jaka. 

Dia mengungkapkan, tadi ada sekitar 15 pedagang buah lebih yang dilakukan pengawasan alat ukur timbangnya, yakni dengan jumlah timbangan sekitar 25 buah. 

"Tujuan tim kita turun melakukan pengawasan alat ukur adalah untuk melindungi konsumen dan pelaku usaha dalam hal ketepatan ukuran," terangnya. 

Lanjutnya, apalagi saat ini di Jalan Lintas Timur rata-rata pedagang buah musiman ini untuk konsumennya kebanyakan dari luar Kota Kayuagung. 

BACA JUGA:1.400 Paket Sembako Murah Ludes dalam 6 Jam, Diserbu Warga Kelurahan Timbangan Ogan Ilir

Jadi, dengan dilakukannya pengawasan alat ukur juga bertujuan agar timbangan yang digunakan layak dan berstandar alat dalam bertransaksi jual beli.

"Kami melakukan pengawasan ini bukan hanya untuk kepentingan perdagangan itu sendiri, tetapi juga untuk perlindungan bagi konsumen terhadap alat ukur yang merugikan," bebernya. 

Jaka menegaskan, tim pengawasan kemetrologian memang rutin melakukan pengawasan kepada sejumlah pedagang buah musiman. Yakni seperti sekarang ini pedagang buah musiman marak. 

Pedagang buah musiman yang berada di Jaan Lintas Timur Celikah Kayuagung. Berjualan buah duku, durian, rambutan dan buah lainnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: