Inilah 9 Fakta Tentang Perayaan Tahun Baru Imlek, Ada Monster Hingga Tradisi Bagi Angpao

Inilah 9 Fakta Tentang Perayaan Tahun Baru Imlek, Ada Monster Hingga Tradisi Bagi Angpao

Inilah 9 Fakta Tentang Perayaan Tahun Baru Imlek, Ada Monster Hingga Tradisi Bagi Angpao --

SUMEKS.CO - Perayaan tahun baru Imlek atau biasa disebut Sincia, merupakan perayaan yang terpenting bagi masyarakat Tionghoa yang dirayakan pada setiap tahunnya.

Pada tahun ini, masyarakat Tionghoa khususnya beragama Budha akan merayakan Imlek atau Sincia tepat pada tanggal 10 Februari 2024 mendatang.

Menarik untuk diulas, beberapa fakta tentang perayaan tahun Baru Imlek atau Sincia yang dikutip dari berbagai sumber Jumat 26 Januari 2024.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Tahun Baru Imlek, Ada yang Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan

1. Mitos petasan dan monster

Pada saat perayaan Imlek atau Sincia, biasanya diadakan kegiatan festival seperti festival lampion hingga membunyikan petasan atau kembang api.

Festival ini tidak lepas dari mitos, dan menurut salah satu legenda, ada monster bernama Nian, yang akan muncul di setiap malam tahun baru Imlek.

Inilah yang membuat orang kebanyakan bersembunyi di dalam rumah. Namun, ada seorang anak laki-laki cukup berani melawan monster menggunakan petasan. 

BACA JUGA:Serba Serbi Jelang Imlek, Inilah Alasan Mengapa Ikan Bandeng Digemari Masyarakat Tionghoa

Keesokan harinya, orang-orang merayakan kelangsungan hidup mereka dengan menyalakan lebih banyak petasan. 

Kebiasaan ini lantas menjadi bagian penting dari Festival Musim Semi, yang meyakini membunyikan petasan dapat menakuti monster dan menjauhkan nasib buruk.

2. Festival musim semi

Meskipun tahun baru Imlek di negara luar, jatuh pada musim dingin namun masyarakat Tionghoa menyebut liburan Tahun Baru mereka sebagai Festival Musim Semi. 

Hal ini dikarenakan awal Musim Semi jatuh sekitar tanggal 4-18 Februari. Di budaya tradisional Tiongkok, lichun adalah waktu solar yang menandai dimulainya musim semi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: