Polsek Cengal Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak dengan Bahan Bekas Bongkaran Tol

Polsek Cengal Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak dengan Bahan Bekas Bongkaran Tol

Polisi dan warga perbaikan jalan Cengal-Sungai Jeruju secara gotong royong dengan bahan bongkaran tol. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, mengalami kerusakan akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada akhir Desember 2023 dan awal Januari 2024.

Kerusakan tersebut menyebabkan jalan menjadi berlubang dan tergenang air, sehingga menyulitkan warga untuk melintas.

Melihat kondisi tersebut, Polsek Cengal melakukan pengecekan dan pemantauan terhadap jalan tersebut.

Setelah itu, mereka bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kebon Cabe dan Pemdes Balam Jeruju serta masyarakat setempat bergotong-royong untuk memperbaiki jalan tersebut secara swadaya, Rabu 24 Januari 2024.

Perbaikan jalan Cengal-Sungai Jeruju dilakukan secara bergotong-royong oleh Polsek Cengal, pemerintah desa setempat, dan masyarakat setempat.

Dalam perbaikan tersebut, mereka menggunakan bahan bekas bongkaran tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung.

Jalan poros yang rusak tersebut, dikarenakan sering terendama air di musim hujan yang terjadi belakangan ini. 

Rupanya, anggota Polsek Cengal bersama dengan masyarakat dan Pemerintah Desa Kebon Cabe, Balam Jeruju dan Sungai Jeruju Kecamatan Cengal, dengan cepat mengatasi ruas jalan tersebut, dengan cara gotong royong mulai Rabu 24 Januari 2024 kemarin. 

Penimbunan menggunakan bongkaran aspal atau ex scrapp berasal dari limbah hasil pemeliharaan jalan tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung.

"Perbaikan jalan yang rusak yang di Cengal dengan cara gotong royong bersama masyarakat jadi bukan anggota kita saja," ujar Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk, Kamis 25 Januari 2024.

Dijelaskan, jalan yang rusak diperbaiki dengan penimbunan spot-spot lalu, membuat saluran air/parit jalan agar supaya air tidak menggenang lagi ke badan jalan yang terjadi. 

"Selama ini setiap turun hujan, air tergenang di badan jalan. Jadi lokasi ini diturunkan alat berat dalam perbaikannya," jelasnya. 

Lanjutnya, adanya perbaikan jalan poros di Kecamatan Cengal, yakni bertujuan untuk aktivitas masyarakat dan menunjang perekonomian masyarakat. 

Tak kalah penting adalah dalam perbaikan jalan ini sebagai bagian upaya menjalin kekompakan serta silaturahmi untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama tahapan Pemilu 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: