Simak! 6 Fakta Unik Tanaman Kumis Kucing Selain Dijadikan Sebagai Tanaman Hias

Simak! 6 Fakta Unik Tanaman Kumis Kucing Selain Dijadikan Sebagai Tanaman Hias

Tanaman kumis kucing yang banyak dimanfaatkan untuk obat karena berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Tanaman Kumis kucing secara ilmiah dikenal sebagai orthosiphon aristatus, termasuk dalam keluarga lamiaceae. Selain memiliki khasiat yang baik tanaman kumis kucing juga memiliki sejumlah fakta menarik. 

Fakta unik tanaman kumis kucing tidak hanya dilihat dari bentuk bunganya yang panjang menjuntai hampir mirip dengan kumis kucing  anabul, namun ada beberapa fakta unik dan menarik lainnya. 

Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai wilayah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia,  Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus), juga dikenal sebagai Java Tea atau cat's whiskers, yang merupakam Tanaman herbal yang berasal dari Asia Tenggara.

Selain memiliki keindahan dan bentuk yang unik, tanaman ini pun dikenal memiliki khasiat yang luar biasa yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:Patikan Kebo, Tanaman Liar yang Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Yuk simak beberapa fakta menarik dari tanaman kumis kucing yang memiliki khasiat luar biasa :

1. Terkenal sebagai tanaman obat tradisional

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman yang sudah lama dijadikan sebagai tanaman herbal atau dijadikan pengobatan tradisional.

Daun kumis kucing ini memiliki kandungan banyak senyawa yang memiliki khasiat luar biasa, oleh sebab itu, daun nya kerap kali dimanfaatkan untuk membuat teh herbal yang dipercaya berguna untuk kesehatan.

BACA JUGA:5 Tanaman Ini Bisa Atasi Berbagai Permasalahan di Mata, Bisa Diolah di Rumah

Beberapa kandungan Senyawa yang terdapat pada daun kumis diyakini dapat memberikan efek yang bersifat antiinflamasi, antioksidan, dan diuretik.

Beberapa daerah juga tanaman kumis kucing ini dijadikan untuk pengobatan alternatif yang mampu mengatasi batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

2. Bentuk bunga mirip kumis kucing

Tanaman kumis kucing ini beri nama kumis kucing karena bunga dari tanaman ini sangat memiliki penampilan yang cantik dan sangat menyerupai kumis kucing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: