Kuasa Hukum PT SBS Klaim Proses Akuisisi Saham Sangat Bermanfaat Besar Bagi PT BA

Kuasa Hukum PT SBS Klaim Proses Akuisisi Saham Sangat Bermanfaat Besar Bagi PT BA

Didampingi Ridho Junaidi SH MH dan KM Ridwan Said SH, Gunadi Wibakso SH MH kuasa hukum PT SBS klaim akuisisi saham bermanfaat besar bagi PT BA. Foto: Fadli/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dua orang konsultan dari Bahana Sekuritas Grup, berhalangan hadir sebagai saksi sidang kasus dugaan korupsi Akusisi Saham PT Satria Bahana Sarana (SBS) oleh PT Bukit Asam (PT BA) melalui anak perusahaan PT BMI.

Oleh karena itu, sidang yang seyogyanya digelar Senin 22 Januari 2024 hari ini ditunda, dan akan dipanggil kembali sebagai saksi pada Senin pekan depan.

Menanggapi hal itu, Gunadi Wibakso SH MH kuasa hukum terdakwa Milawarma Cs mengaku tidak terlalu kecewa dengan penundaan tersebut.

Didampingi Ridho Junaidi SH MH dan KM Ridwan Said SH, Gunadi kembali menyebut dari seluruh saksi yang dihadirkan justru tidak dapat membuktikan dakwaan penuntut umum.

BACA JUGA:5 Tersangka Dugaan Korupsi Akuisisi Saham PT BA Sudah di Rutan Pakjo, Kuasa Hukum: Terlalu Buru-Buru!

Menurutnya, ada beberapa poin yang menjadi landasan sebagaimana keterangan saksi-saksi yang dihadirkan dipersidangan beberapa waktu lalu.

Poin pertama, kata Gunadi bahwa pendirian perusahaan baru PT BMI yang kemudian mengakuisisi PT SBS, adalah langkah korporasi yang ditempuh PTBA, telah sesuai dengan rencana jangka panjang perusahaan dan rencana kerja anggaran dasar perusahaan.

Kemudian poin kedua, ucap Gunadi bahwa telah dilakukan pengkajian awal sebelum akuisisi, yang dilakukan oleh konsultan internal.

"Dan hasilnya PT SBS layak untuk dilakukan akuisisi oleh PT BMI karena karena PT SBS punya prospek di masa depan," sebut Gunadi diwawancarai usai penundaan sidang.

BACA JUGA:Kuatkan Alat Bukti Penyidikan Korupsi Akuisisi Saham PT BA, Giliran Saksi KJPP Diperiksa Kejati Sumsel

Lalu, poin ketiga lanjut Gunadi dari hasil akuisisi yang dilakukan oleh PT BMI, nyatanya telah membawa manfaat yang sangat besar bagi PT BA.

Diuraikannya, manfaat dari akusisi tersebut PT BA terhindar dari ketergantungan jasa penambangan, sehingga tidak lagi kesulitan dalam menentukan tarif jasa pertambangan.

Manfaat lainnya, kata Gunadi PTBA bisa menghemat biaya, atau efisiensi yang jumlahnya sangat cukup signifikan mencapai ratusan miliar hingga triliunan rupiah.

Serta manfaat lain, masih menurutnya  ada peningkatan produksi pada PT BA atas kinerja produksi dari PT SBS, dan telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dari waktu ke waktu sejak diakuisisi oleh PT BA pada tahun 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: