Dapat Masalah Berat Saat Jalani Hidup? Ini 5 Cara Agar Tenang dan Sabar Saat Diberi Ujian

Dapat Masalah Berat Saat Jalani Hidup? Ini 5 Cara Agar Tenang dan Sabar Saat Diberi Ujian

Cara agar tetap tenang dan sabar saat menerima semua ujian dari Allah SWT--

SUMEKS.CO - Cara agar bisa tenang saat diberi ujian oleh Allah SWT tanpa harus mengeluh dan menyalahkan keadaan yang telah terjadi.

Semua ujian yang Allah SWT berikan kepada hambanya sudah pasti mampu dilewati dan tak mungkin melampaui kemampuan.

Pasalnya, manusia yang hidup di dunia pasti diberi ujian oleh Allah SWT dengan cara berbeda-beda.

Hanya saja, ujian yang diberikan pasti sesuai dengan kemampuan hamba itu sendiri. Tinggal bagaimana seorang hamba itu sabar menerima ujian yang telah diberikan.

BACA JUGA:7 Cara Agar Ikhlas Menerima Takdir dari Allah SWT Atas Masalah dan Ujian yang Sedang Dihadapi di Dunia

Dalam Alquran dan hadist, sudah dijelaskan tentang bagaimana cara agar tenang dan sabar saat menerima semua ujian yang diberikan Allah SWT.

Lantas, bagaimana cara agar seseorang bisa sabar dan menerima ujian yang diberikan? Dilansir dari bebagai sumber, berikut penjelasannya.

1. Mengingat Dosa

Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya seorang Mukmin itu melihat dosa-dosanya seolah-olah dia berada di kaki sebuah gunung. Ia khawatir gunung itu akan menimpanya,".

BACA JUGA:Yuk Lupakan! 7 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Bisa Menyebabkan Masalah Jerawat Lebih Parah

"Sebaliknya, orang yang durhaka melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di atas hidungnya, dia mengusirnya dengan tangannya, maka lalat itu terbang”. (HR. At-Tirmidzi, no. 2497 dan dishahihkan oleh Al-Albani).

2. Husnudzon Pada Allah

Allah SWT berfirman: "Jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir,” (QS. Yusuf: 87).

Rasulullah SAW bersabda: Allah Ta’ala berfirman “Aku sesuai sangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku bersamanya, jika dia mengingat-Ku,” (HR. Bukhari 7405 & Muslim 6981).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: