Petani Karet Lempuing Bersorak, Harga Getah Karet Stabil

Petani Karet Lempuing Bersorak, Harga Getah Karet Stabil

Petani OKI menimbang karet untuk dijual, harga karet tembus Rp11. 700 per kilogram. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Harga komoditi karet di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) awal bulan Januari 2024 terbilang stabil yakni tembus Rp11.700 per kilogram.

Harga tersebut masih sama dengan harga di akhir bulan Desember 2023.

Harga karet di Kabupaten OKI merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan Kabupaten OKI merupakan salah satu sentra perkebunan karet terbesar di Indonesia.

Harga komoditi getah karet di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) awal bulan Januari 2024 terbilang stabil dan normal dibandingkan dengan akhir tahun lalu yaitu Rp 10.000 hingga lebih per kilogram.

BACA JUGA:Masyarakat Desa Teloko Terima Pengobatan Gratis dari Petugas Medis Puskesmas Celikah

Harga karet di Kabupaten OKI pada akhir tahun 2023 berada di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 11.000 per kilogram. Pada awal bulan Januari 2024, Harga karet di Kabupaten OKI masih berada di kisaran tersebut, yaitu Rp 11.700 per kilogram.

Stabilitas harga karet di Kabupaten OKI ini tentunya memberikan angin segar bagi para petani karet. Hal ini dikarenakan harga karet yang stabil dapat meningkatkan pendapatan para petani.

"Hari ini jadwal penjualan getah karet 2 mingguan. Harga jualnya Rp11.700/Kg, harga ini masih normal," kata petani karet asal Desa Bumi Harjo, Kecamatan Lempuing OKI, Abdulloh Faeq, Rabu 17 Januari 2024.

Dijelaskannya, untuk penjualan getah karet milik masyarakat Kecamatan Lempuing khususnya Desa Bumi Harjo dan Desa tetangga dijadwalkan 2 minggu sekali. 

BACA JUGA:Bunga Edelweiss Simbol Cinta Sejati, Bunga Abadi yang Tidak Boleh Dipetik

Lalu, Getah karet dikumpulkan bersama-sama di Unit Pengolaan dan Pemasaran Bokar (UPPB). 

"Harga karet sebesar Rp11. 700 per kilogram ini sudah 2 penimbangan," ujarnya. 

Dikatakannya, belakangan ini hujan sering turun tetapi untuk produksi tidak mempengaruhi. Dimana hasilnya masih standar. 

Jadi, untuk hasil produksi tidak ada penurunan. Dimana rata-rata per hektar lahan kebun karet bisa menghasilkan 100 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: