Fakta Unik Anggrek Hitam yang Memiliki Warna Eksotis Nan Indah, Yuk Cek Disini!

Fakta Unik Anggrek Hitam yang Memiliki Warna Eksotis Nan Indah, Yuk Cek Disini!

Bunga anggrek hitam berasal dari Papua, termasuk tanaman langkah.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Keindahan dari dunia flora selalu memberikan daya tarik tersendiri. Salah satunya tumbuhan yang unik dan langka, anggrek hitam.

Bunga anggrek hitam biasanya tumbuh di Kalimantan. Meskipun saat ini sudah sulit ditemukan, namun pesonanya membuat banyak peminat.

Bunga anggrek hitam ini berasal dari Papua dan dilindungi oleh pemerintah. Nah bunga ini berbeda dengan bunga jenis anggrek lainnya.

Pada umumnya anggrek memiliki warna yang bercorak warna warni, sedangkan bunga satu ini memiliki warna hitam yang tak biasanya.

BACA JUGA: Fakta dan Keunikan Bunga Monkey Orchid, Anggrek Langka yang Memiliki Bentuk Mirip Monyet

Eits ternyata tanaman bunga anggrek hitam ini selain memiliki warna yang eksotis nan indah, juga membutuhkan perhatian lebih. Hal ini dikarenakan bunga anggrek hitam ini sudah langka dan bisa jadi terancam punah.

Namun meskipun tanaman ini keberadaan langka, tak ada salah nya dapat mengetahui fakta unik dari tanaman dengan bunga berwarna eksotis ini. Yuk cek fakta unik dari tanaman anggrek hitam ini !

1. Hanya ada di Indonesia

Bunga Anggrek hitam merupakan  salah satu tanaman  yang unik  di dunia. Tak bisa kita elakkan pada saat melihat tanaman anggrek hitam ini,  dapat memberikan kesan  yang elegan.

BACA JUGA: 10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ditanam Pada Vertical Garden

Hal ini dikarenakan anggrek hitam ini tampil memukau, sehingga banyak sekali peminat dan pecinta anggrek yang jatuh hati karena memiliki tampilan yang eksotis dan memukau.

2. Berasal dari beberapa wilayah

Ternyata meskipun terbilang langka tanaman ini tidak hanya ada di Papua, namun anggrek hitam juga lahir di Kalimantan dan Sumatera. Namun hanya beberapa terdapat perbedaan dari masing-masing daerah.

Biasanya bagian tengah anggrek hitam di papua memiliki warna yang cukup terang dan sedikit sulit untuk dikembangbiakkan.

BACA JUGA:9 Tips Perawatan Tanaman Hias Gantung Agar Tumbuh Subur dan Tidak Layu

Nah jika anggrek hitam di Kalimantan cenderung memiliki aroma yang kuat, dan dapat tumbuh di dataran rendah dan juga memiliki kelopak bunga yang memiliki warna hijau.

Namun untuk warna putik anggrek hitam di Kalimantan  ini lebih cenderung hitam gelap, dan fakta menariknya juga anggrek hitam ini dapat hidup di pepohonan tua yang biasanya ada di sekitar pantai dan rawa.

3. Harga nya cukup tinggi

Nah karena keberadaan bunga anggrek hitam ini langka untuk ditemui membuat harga nya menjadi cukup tinggi  atau mempunyai nilai jual yang tinggi.

BACA JUGA:Tanaman Hias Mini Indoor yang Cocok Di Dalam Ruangan Rumah, Dengan Perawatannya yang Simpel, Ini 9 Jenisnya

Tanaman anggrek hitam ini ternyata dapat menembus harga ratusan juta loh, keren banget kan.

4. Bisa hidup di terik matahari

Ternyata tanaman anggrek hitam dapat tumbuh cepat jika berada pada tempat kena sinaran matahari langsung.

Namun, tanaman anggrek hitam dapat bisa tumbuh pada dataran yang tingginya 1000 – 1500 mdpl. Sebab, kelembaban yang dibutuhkan berkisar 60% – 80%.

BACA JUGA:Tak Hanya Memperindah! 10 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Diletakkan di Meja Kerja, Manfaatnya Luar Biasa

5. Perawatan nya yang khusus

Untuk perawatan bunga anggrek hitam ini ternyata butuh perawatan yang khusus, karena perawatan nya cukup sulit dan membutuhkan ketelitian.

Oleh Sebab itu, teknik  perawatan anggrek hitam  cenderung tinggi, sehingga jika tidak dirawat dengan baik dan benar, ia akan cepat mudah layu atau mati. 

Lantas, tanaman ini merupakan bunga yang butuh dengan kelembaban dan butuh juga kena sinaran matahari langsung. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memperhatikan kesehatan lingkungan agar dapat tumbuh dan terawat.

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman Hias yang Diprediksi Bakal Tren di 2024, Yuk Simak Tanaman Apa Aja!


Bunga anggrek hitam yang memiliki bunga dengan warna hitam yang eksotis.--dok : sumsek.co

6. Tumbuh secara berumpun

Selanjutnya selain dari memiliki keunikan Anggrek hitam tumbuhnya juga secara berumpun. Biasanya rumpun nya akan membentuk akar tunggal namun saling menghubungkan. dan nanti akan ada tunas baru dan bagian  batangnya akan melembung.

Jadi guys itulah beberapa fakta unik dari tanaman anggrek hitam. Semoga bermanfaat dan diteruskan ke generasi selanjutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: