Perhatikan Adab Ini Ya Ketika di Masjid, Membawa Pahala dan Keberkahan Bagi yang Mengamalkannya

Perhatikan Adab Ini Ya Ketika di Masjid, Membawa Pahala dan Keberkahan Bagi yang Mengamalkannya

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Masjid memiliki kedudukan istimewa karena menjadi tempat ibadah atau rumah Allah SWT. Menjadi kebutuhan spiritual yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat beribadah saja. 

Pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, masjid digunakan sebagai pusat pendidikan terutama pengajaran agama Islam. 

Pusat sosial kemasyarakatan atau tempat kaum muslimin bermusyawarah untuk membahas suatu permasalahan. 

Maka dari itu masjid menjadi tempat penting karena menyatukan ukhuwah dan rasa antar sesama mukmin. Ketika seseorang hendak masuk dan keluar maupun berdiam diri di masjid, terdapat beberapa adab yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:7 Cara Agar Ikhlas Menerima Takdir dari Allah SWT Atas Masalah dan Ujian yang Sedang Dihadapi di Dunia

1. Berdo’a saat masuk dan keluar masjid

Adab yang pertama ialah berdo’a ketika hendak memasuki dan keluar masjid untuk memohon rahmat kepada Allah SWT. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kepada umat muslim untuk senantiasa mengamalkan do’a masuk dan keluar masjid. 

Adab ini diriwayatkan dalam hadits oleh Imam Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah dan lainnya sebagai berikut :

BACA JUGA:Rasulullah SAW Anjurkan Bersiwak Kepada Umat Muslim, Ternyata Inil Alasannya!

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah satu diantara kalian masuk masjid, salamlah kepada Nabi SAW (bershalawat), kemudian berdo’alah, Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku”. Ketika keluar, berdo’alah (sebagaimana lafalnya), Ya Allah, sesungguhnya aku memohon fadhilah kepada-Mu”

Tidak hanya itu, langkah kaki seseorang ketika menuju masjid juga mengandung banyak pahala kebaikan sebagaimana yang tertera dalam hadits Rasulullah SAW.

Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda "Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat." (Shahih Muslim HN 1070; Sunan Abu Daud HN 1243; Musnad Ahmad HN 7118 & 8906; Sunan Ad-Darimi HN 359)

2. Berpakaian bagus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: