Fenomena Pindah Tiang Listrik di Kenai Biaya Hingga Puluhan Juta Rupiah, Ternyata Ini Alasannya?

Fenomena Pindah Tiang Listrik di Kenai Biaya Hingga Puluhan Juta Rupiah, Ternyata Ini Alasannya?

viral di media sosial perihal biaya pemindahan tiang listrik PLN yang berdiri diatas tanah seorang warga di Sidoarjo, hingga dimintai biaya sebesar Rp11 juta.--

SUMEKS.CO,- Sebuah unggahan viral di media sosial perihal biaya pemindahan tiang listrik PLN yang berdiri diatas tanah seorang warga di Sidoarjo, hingga dimintai biaya sebesar Rp11 juta.

Sebenarnya, kasus yang menghebohkan beberapa hari kemarin berupa pemindahan tiang listrik PLN dikenai biaya tersebut bukanlah kali pertama terjadi.

Dirangkum dari berbagai sumber informasi, Ahad 14 Januari 2024 beberapa tahun lalu tepatnya pada tahun 2022 juga pernah dialami oleh seorang warga di Kabupaten Bangli Provinsi Bali.

Bahkan jumlah biaya pemindahan tiang listrik yang diminta oleh pihak PLN setempat waktu itu tergolong jumlah yang fantastis, yakni Rp75 juta untuk satu tiang, Wow!

BACA JUGA:Meski Masih Jadi Kontroversi, Berikut Besaran Biaya Pindah Tiang Listrik PLN Cek Disini!

Warga Kabupaten Bangli tersebut merincikan biaya pemindahan tiang listrik dimulai dari biaya dan material senilai Rp66,5 juta lebih.

Lalu ada lagi biaya-biaya lainnya, diantaranya biaya pemadaman listrik sebesar Rp1,1 juta lebih dan dikenai PPN sebesar Rp6,6 juta.

Sungguh nilai yang cukup fantastis saat itu, mengingat warga tersebut hanya meminta untuk memindahkan instalasi tiang listrik PLN yang berdiri diatasnya.

Mengetahui hal itu, pihak PLN pun angkat bicara menerangkan besaran biaya yang harus dibayar untuk memindahkan tiang listrik yang menurut pihak PLN karena kurangnya komunikasi.

Menurut pihak PLN Unit Induk Distribusi Provinsi Bali, seharusnya pihak pelanggan atau yang mengajukan permohonan pemindahan tian listrik juga harus mengajukan permohonan keringanan biaya.

BACA JUGA:Kontroversi Biaya Pindah Tiang Listrik PLN Mencuat, Benarkah Ada Biayanya? Simak Penjelasannya Disini

Lantas, apa saja alasan dari pihak PLN hingga menetapkan biaya bervariasi, jika ada warga yang ingin memindahkan tiang listrik yang berdiri diatas tanahnya.

Yuk simak alasannyansebagai berikut, yang dirangkum dari berbagai sumber informasi. Pihak PLN mengklaim, tingginya biaya tersebut lantaran yang dipindahkan bukan satu tiang listrik saja.

Melainkan gardu listrik, yang diapit dengan dua tiang listrik besar disampingnya. Oleh karena itu, material yang harus diganti saat pemindahan jumlahnya lebih banyak dan tergolong kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: