Cek Ketinggian Air Sungai, Polsek Cengal OKI Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Cek Ketinggian Air Sungai, Polsek Cengal OKI Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Personel Polsek Cengal cek ketinggian air sungai dan imbau masyarakat waspada banjir. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Curah hujan yang sering turun belakangan ini baik dengan intensitas tinggi maupun sedang membuat debit dan ketinggian air Sungai Kadam di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) meningkat. 

Ketinggian air sungai di Kecamatan Cengal meningkat 20-30 cm dari biasanya. 

Pemantauan ketinggian air sungai ini dilakukan oleh personel Polsek Cengal, pada Minggu, 14 Januari 2024.

"Tadi personel ini langsung melakukan pengecekan pemantauan ketinggian air Sungai yang menuju Desa Talang Rimba, Sungai Jeruju," ungkap Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk melalui Kapolsek Cengal, Iptu Chandra Kirana SH. 

BACA JUGA:Respon Jumat Curhat, Personel Polsek Cengal Patroli Cegah Balap Liar di Jalan yang Baru Selesai Dicor

Kapolsek mengatakan, pengecekan ketinggian air sungai ini dilakukan untuk mengetahui ketinggian air.

Karena, kata dia, dikhawatirkan bisa menyebabkan banjir. Terlebih saat ini sejumlah kabupaten di Sumsel ada yang mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. 

"Tujuan kita selalu mengecek ketinggian dan pemantauan air sungai di Cengal untuk mengantisipasi hal-hal  yang tidak diinginkan yaitu banjir," jelasnya, saat dikonfirmasi SUMEKS.CO Minggu, 14 Januari 2024.

Termasuk, untuk memudahkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait serta mengimbau masyarakat untuk terus waspada apabila hujan turun. 

BACA JUGA:Maraknya Perjudian oleh Kaum Ibu-ibu, Polsek Cengal dan Pemerintah Desa Datangi Masyarakat

"Untuk Kecamatan Cengal ini 2/3 daerahnya merupakan daerah yang delay dengan perairan sehingga jelas menimbulkan kekhawatiran terjadi banjir apabila hujan sering turun," bebernya.

Kapolsek menegaskan, dengan meningkatnya ketinggian air sungai sehingga pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di  dekat aliran sungai agar tetap berhati-hati dan waspada. 

Terpenting, pihaknya melarang masyarakat untuk membuang sampah di sungai agar aliran sungai menjadi lancar.

Dimana, meskipun curah hujan tinggi tidak menginginkan di kecamatan Cengal terjadi banjir seperti yang terjadi saat ini di Kabupaten Muratara, Pali serta Kota Prabumulih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: