Banjir Mengintai OKI, BPBD OKI Imbau Masyarakat Waspada

Banjir Mengintai OKI, BPBD OKI Imbau Masyarakat Waspada

Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin.-Foto : Niskiah/Sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Imbauan waspada untuk masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terkait hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama merupakan langkah antisipasi yang tepat.

Hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama dapat menimbulkan berbagai potensi bahaya, seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin menjelaskan, pihaknya terus mengingatkan masyarakat agar selalu wasapada dan berhati-hati, khususnya yang bermukim di pinggiran sungai

Hujan yang sering turun bahkan setiap hari, terutama di daerah-daerah yang memiliki topografi dataran rendah dan memiliki sungai atau drainase yang kurang baik, dapat meningkatkan risiko terjadinya banjir.

BACA JUGA:5 Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Bala' Musibah Dunia dan Selamat di Akhirat

Hal ini disebabkan karena hujan yang sering turun akan menyebabkan tanah menjadi jenuh air dan tidak mampu lagi menyerap air. Akibatnya, air akan mengalir ke sungai atau drainase dan menyebabkan banjir.

Intensitas hujan yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya banjir. Hal ini disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan debit air di sungai atau drainase meningkat dengan cepat.

Jika kapasitas sungai atau drainase tidak memadai, maka air akan meluap dan menyebabkan banjir.

"Kalau diingatkan untuk waspada dan berhati-hati, membuat masyarakat siap jika. sewaktu-waktu banjir datang," ujarnya, Sabtu 13 Januari 2024.

Dia mengungkapkan, untuk Kabupaten OKI ada 5 kecamatan yang rawan terjadi banjir di musim penghujan terutama saat seperti ini, dimana hujan terjadi setiap hari. Maka jelas debit air sungai naik atau menjadi tinggi. 

Seperti hari ini saja, banjir terjadi di Kecamatan Tanjung Lubuk yakni terdapat di Desa Ulak Kapal dengan 6 Dusun. Meskipun banjir 20-50 CM saja.

Tetapi rata-rata rumah warga yang bagian bawahnya terendam banjir. 

Adapun 5 Kecamatan di Kabupaten OKI yang rawan terjadi banjir musim penghujan seperti ini adalah Mesuji Raya, Jejawi, Pedamaran, Tanjung Lubuk dan Kayuagung. 

"Di lima Kecamatan ini selalu banjir apabila hujan terjadi setiap hari dan hujan juga terjadi di Kabupaten tetangga OKU Timur. Karena air sungai Komering dari Kabupaten itu," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: