KPU Kabupaten Muara Enim Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilih Pemula

 KPU Kabupaten Muara Enim Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk Pemilih Pemula

SIMULASI : Simulasi Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara sebagai Sosialisasi dan Pendidikan bagi Pemilih Pemula.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim, menggelar Simulasi Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara sebagai Sosialisasi dan Pendidikan bagi Pemilih Pemula di gedung GOR Pancasila Muara Enim, Rabu 27 Desemebr 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, Asisten Pemerintahan dan Kesra Emran Thabrani, Ketua KPU Muara Enim Romeo, Ketua Bawaslu Zainudin, Forkopimda, OPD Terkait, ratusan peserta Simulasi Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara sebagai Sosialisasi dan Pendidikan bagi Pemilih Pemula yang terdiri dari 50 Pemilih Pemula, PPK Ujamas dan Muara Enim, PPS Muara Enim dan Ujan Mas, PKD Muara Enim dan Ujan Mas, Pawascam Ujan Mas dan Muara Enim.

Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Romeo, mengatakan bahwa jika dihitung mundur tinggal 48 hari lagi pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebagaimana pada PKPU 3 Tahun 2022 tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 salah satu bagian tahapan itu adalah tentang hari Pemungutan dan Penghitungan Suara pemilihan terkait lima jenis surat suara yang nanti kita akan melakukan pemilihan.

BACA JUGA:Pengesahan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024 Ditunda, Ada Apa?

Kemudian simulasi ini juga terkait dengan PKPU 25 tahun 2023 tentang penghitungan surat suara.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan para Formopimda  yang bersedia untuk menghadiri acara simulasi ini. Mohon maaf, apabila kondisi ruangan yang mungkin kurang representatif atau kekurangan," ujarnya.

Dikatakan, Romeo, simulasi ini tentu mempunyai tujuan yang paling utama adalah menggambarkan bagaimana nantinya pola pemilihan pungut dan hitung suara di TPS untuk Pemilu 2024, karena itu dengan simulasi ini KPU bersama jajaran hingga ke garis terdepan berharap pelaksanaan ini bisa berjalan lancar sebagaimana yang sudah terkonsep dan sesuai aturan sehingga kelancaran dalam Pemilu ini bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Dari Simulasi ini adalah bagian-bagian dari penyempurnaan tujuan dari tahapan-tahapan Pemilu 2004, sehingga nantinya dalam simulasi ini akan menggambarkan ada pemilih pemula, disabilitas dan pemilih yang secara umum.

BACA JUGA:Terapkan Strategi Khusus, KPU OKI Hadapi Tantangan TPS Jauh di Wilayah Perairan

"Kita sosialisasikan kepada tetangga, kawan-kawan dan keluarga untuk ikut serta berpartisipasi dalam Pemilu," tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten II Pemerintahan dan Kesra Emran Thabrani, mengatakan bahwa  kegiatan simulasi ini harus dilaksanakan KPU dan jajaran KPU sampai ke tingkat kecamatan dan desa di tingkat kabupaten Muara Enim.

Untuk itu dalam simulasi kali ini, melibatkan semua stake holder seperti Panwascam, PPK, Pengawas Kelurahan dan desa serta unsur-unsur lainnya, sehingg semirip mungkin dengan kondisi dilapangan.

Lanjut Emran, bahwa Pemilu 2024 ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh NKRI, seperti Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu anggota DPR RI, Pemilu anggota DPD RI, Pemilu anggota DPRD provinsi, Pemilu anggota DPRD kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: