Keutamaan Surat Al-Ikhlas yang Jarang Diketahui, Surat Pendek yang Setara dengan Sepertiga Al Quran

Keutamaan Surat Al-Ikhlas yang Jarang Diketahui, Surat Pendek yang Setara dengan Sepertiga Al Quran

Surat Al-Ikhlas memiliki kesetaraan dengan sepertiga Al-Qur’an.--

SUMEKS.CO - Surat Al Ikhlas merupakan surat ke-112 yang diturunkan di Makkah dan terdiri dari empat ayat. Surat pendek ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Surat Al Ikhlas terletak di juz 30, menjadi surat yang memurnikan keesaan Allah SWT karena termasuk surat yang agung dalam Al Quran

Surat Al Ikhlas memiliki fadhilah atau keutamaan yang luar biasa jika dibaca dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW bersabda, "Demi Zat yang menguasai diriku, sesungguhnya surat Al Ikhlas seimbang (senilai) dengan sepertiga Al Quran." (HR Shahihain)

BACA JUGA:8 Sedekah Jariyah yang Jarang Diketahui, Pahala Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia

Surat pendek ini memiliki kesetaraan dengan sepertiga Al Quran, jadi siapa saja yang membaca surat Al Ikhlas ia telah membaca seperti Al-Qur’an.

Banyak sekali fadhilah dari membaca dan mengamalkan Surat Al Ikhlas, diantaranya ialah :

1. Dicintai oleh Allah Ta’ala SWT

Allah SWT mencintai surah ini karena berisikan keesaan tentang diriNya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

"Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah SAW mengutus seseorang dalam suatu pasukan (kecil), ia mengimami para sahabat dengan mengakhiri bacaan dengan Surat Qul Huwallahu Ahad. Setelah pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW dan Beliau bersabda: "Tanyakan kepadanya alasan ia melakukan hal tersebut?" Lalu para sahabat segera bertanya kepadanya, dan ia menjawab: "Karena Qul Huwallahu Ahad adalah sifat Ar Rahman -'Azza wa Jalla- dan aku sangat suka membacanya." Rasulullah SAW bersabda: "Beritahukan kepadanya bahwa Allah 'Azza wa Jalla juga sangat mencintainya." (Hadis Sunan An-Nasa'i 983)

BACA JUGA:Keistimewaan Surah Al-Kautsar Dibaca 100x Bisa Bikin Doa Makbul , 9 Keutamaan yang Ini Pasti Orang Tak Tahu

2. Mendapat Perlindungan Dari Jum’at Ke Jum’at Berikutnya

Dalam Kitab Tuhfatul Habib karya Sulaiman Al-Bujairimi dijelaskan:

"Al-Hafizh Al-Mundziri meriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Al Ikhlash, Al-Falaq dan surat An-Nas (al-Mu'awwidzatain) masing-masing sebanyak tujuh kali ketika imam selesai membaca salam shalat Jumat, sebelum melipat kakinya, Allah akan mengampuni dosanya yang lalu dan sekarang, dan diberi pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." (Sulaiman Al-Bujairimi, Tuhfatul Habib 'ala Syarhil Khathib).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: