Waduh! Total Ada 30.157 Penyandang Disabilitas di Sumsel, Baru Terlayani 6.149, Apa Upaya Dinsos?

Waduh! Total Ada 30.157 Penyandang Disabilitas di Sumsel, Baru Terlayani 6.149, Apa Upaya Dinsos?

Kepala Dinsos Provinsi Sumsel, Mirwansyah, mendampingi Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni, memberikan bantuan kaki palsu kepada penyandang disabilitas. Di Sumsel terdapat 30.157 penyandang disabilitas, namun hanya 6.149 yang terlayani. Foto: dokumen/sumek--

SUMEKS.CO - Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan mencatat, bahwa penyandang disabilitas di Provinsi Sumsel berjumlah 30.157 orang. 

Akan tetapi, dari jumlah tersebut, Dinsos Provinsi Sumsel baru melayani sedikitnya 6.149 orang penyandang disabilitas. 

Menurut Kepala Dinsos Provinsi Sumsel, Mirwansyah, pihaknya berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan yang beroperasi di Sumsel. 

"Kami berharap perusahaan yang ada di Sumsel ini bisa membantu lewat dana sosialnya atau dana CSR," harapnya, Jumat, 22 Desember 2023.

BACA JUGA:Peringati Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi Sumsel, Ratusan Penyandang Terima Bantuan

Dengan adanya bantuan dari perusahaan yang ada di Sumsel, Mirwan menyebut, untuk mengcover lebih banyak penyandang disabilitas di Sumsel. 

"Bayangkan saja, dari 30 ribu lebih penyandang disabilitas, hanya 6.000-an yang baru kami cover," katanya.

Ditambahkan Mirwan, banyaknya penyandang disabilitas yang belum tercover ini, menjadi pekerjaan rumah bagi Dinsos. 

"Karena banyak penyandang disabilitas ini menganggap, bahwa menjadi penyandang ini merupakan kutukan. Sehingga, mereka tidak tereksplore," paparnya. 

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Antisipasi Kejahatan Digital bagi Anak Disabilitas

Dalam kesempatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) ini, Mirwan mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama peduli dengan para penyandang disabilitas. 

"Ayo mari bersama-sama kepada para BUMD maupun perusahaan lainnya, untuk selaras membantu pemerintah melayani para penyandang disabilitas," ajaknya. 

Menurut Mirwan, sasaran dari peringatan HDI ini adalah kampanye pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Dalam kegiatan ini, Pemprov Sumsel memberikan bantuan kaki palsu kepada empat orang penyandang disabilitas, kursi roda 162 buah, hearing aid sebanyak 32 buah, kruck ketiak 42 buah, serta tongkat putih 170 buah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: