Volume HP Android Sering Naik Turun Sendiri! Berikut 7 Cara Mengatasinya

Volume HP Android Sering Naik Turun Sendiri! Berikut 7 Cara Mengatasinya

Smartphone ZTE Nubia Z60 Ultra yang dilengkapi Chipset Snapdragon 8 Gen.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO- Android menjadi sistem operasi seluler paling populer di dunia, tetapi sistem ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Salah satu permasalahan yang sering membuat pengguna khawatir adalah fluktuasi volume yang terjadi secara tiba-tiba.

Apabila perangkat Android secara otomatis mengurangi volume secara mendadak, hal ini dapat mengakibatkan ketinggalan alarm, panggilan masuk, pesan, dan notifikasi penting.

Oleh karena itu, masalah terkait volume ini tidak seharusnya diabaikan, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup mengganggu.

BACA JUGA:Terbaru, ZTE Resmi Rilis Nubia Z60 Ultra, Smartphone Andalan yang Dilengkapi Chipset Snapdragon 8 Gen 3

Jika Anda mengalami kendala semacam ini, berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah fluktuasi volume secara otomatis pada ponsel Android.

1. Nyalakan ulang perangkat

Kendala volume pada ponsel dapat berasal dari bug atau glitch yang mempengaruhi tingkat volume. Oleh karena itu, sebelum mencoba langkah-langkah lain, langkah awal yang disarankan adalah melakukan restart atau menyalakan ulang perangkat.

Tindakan sederhana seperti ini seringkali dapat memperbaiki masalah ringan pada perangkat, termasuk fluktuasi volume yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:5 Smartphone Terbaik 2024 Layak untuk Dimiliki, Merek Ini Mendominasi!

Restarting perangkat Android cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol daya untuk beberapa saat dan memilih opsi 'Restart'.

Setelah perangkat hidup kembali, putar musik atau audio lainnya untuk memastikan apakah masalah volume telah berhasil diperbaiki.

2.Ubah perangkat ke Safe Mode

Mengganti pengaturan perangkat ke Mode Aman bisa menyelesaikan lebih dari 90 persen masalah pada perangkat Android. Oleh karena itu, disarankan untuk mencoba opsi ini terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Mode Aman pada perangkat Android:

BACA JUGA:Banting Harga! Daftar Harga Smartphone Oppo Desember 2023, Reno8 T Merosot Rp1,4 Juta

Tekan dan tahan tombol daya untuk mematikan perangkat, lalu hidupkan kembali.

Tahan tombol Volume turun selama proses booting perangkat. Jika langkah ini dilakukan dengan benar, tulisan 'Safe Mode' akan muncul di layar.

Setelah perangkat berhasil masuk ke Mode Aman, Anda dapat menelusuri setiap masalah yang mungkin ada di perangkat. Untuk keluar dari Mode Aman, cukup restart perangkat Android.

3. Nonaktifkan peringatan volume

BACA JUGA:Realme C67 Rilis di Indonesia Pesaing Baru Smartphone Rp2 Jutaan, Kamera dan Chipset Terbaik Dikelasnya

Beberapa ponsel Android menerapkan pembatasan volume yang aktif ketika mendeteksi penggunaan headphone atau headset Bluetooth. Pembatasan ini bertujuan untuk melindungi pendengaran dengan membatasi volume hingga 50 persen.

Jika Anda mengalami situasi di mana peningkatan volume terjadi ketika headphone terhubung, kemungkinan besar itu disebabkan oleh pembatasan volume otomatis. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menonaktifkan pembatasan volume pada perangkat Android Anda.

4. Periksa tombol volume

Tombol volume yang mengalami kerusakan seringkali menjadi penyebab utama perubahan volume yang tidak terkendali pada ponsel.

BACA JUGA:HMD Global Rilis Smartphone Terbaru Nokia XR21 Limited Edition, Diproduksi Hanya 50 Unit, Segini Harganya

Penting untuk memeriksa apakah tombol volume mengalami keausan atau menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Jika tombol volume terasa macet atau tidak merespon saat ditekan, ini bisa menjadi penyebab volume yang terus turun.

Dalam situasi ini, disarankan untuk membawa perangkat ke layanan servis profesional agar tombol volume dapat diganti dengan yang baru dan berfungsi dengan baik.

5.Copot aplikasi yang bermasalah

BACA JUGA:Rekomendasi Smartphone Gaming Harga Rp2 jutaan, Siap Melibas Semua Game Berat

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang diinstal pada perangkat Android dapat memengaruhi pengaturan volume secara otomatis.

Jika Anda baru saja menginstal aplikasi tersebut dan mengalami masalah dengan volume, disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut. Setelah menghapus instalasi aplikasi, periksa kembali apakah volume sudah berfungsi dengan benar.

Langkah-langkahnya dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka "Pengaturan" pada perangkat Android Anda.
  2. Pilih "Aplikasi" atau "Manajer Aplikasi," tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  3. Cari dan pilih aplikasi pihak ketiga yang baru saja Anda instal.
  4. Pilih opsi "Hapus" atau "Uninstall" untuk menghapus aplikasi dari perangkat.

Setelah menghapus aplikasi tersebut, periksa kembali apakah volume berfungsi normal. Jika masalahnya teratasi, kemungkinan besar aplikasi tersebut merupakan penyebabnya.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Smartphone Android dengan Kamera Terbaik , Cocok untuk Mengabadikan Momen Nataru 2024

Jika tidak, Anda mungkin perlu memeriksa opsi lain seperti pengaturan sistem atau perangkat keras yang mungkin memengaruhi volume.

6. Pastikan perangkat tidak terhubung ke perangkat Bluetooth

Terkadang, perangkat Android memiliki kebijakan otomatis untuk menyesuaikan volume ketika terhubung ke perangkat audio eksternal seperti headphone atau speaker Bluetooth. Sebagai hasilnya, volume pada perangkat dapat secara otomatis menurun ketika perangkat terhubung.

Jika Anda baru saja menyambungkan perangkat ke headphone atau speaker Bluetooth dan mengalami penurunan volume secara otomatis, Anda mungkin perlu menaikkan volumenya secara manual.

BACA JUGA:Smartphone Anyar Nokia 2300 5G Segera Rilis Awal Tahun 2024, Intip Spesifikasinya!

Ini bisa dilakukan dengan mengatur volume perangkat secara langsung atau menggunakan kontrol volume pada headphone atau speaker Bluetooth.

Perhatikan bahwa cara ini dapat bervariasi tergantung pada model dan merek perangkat Anda. Namun, umumnya, Anda dapat menyesuaikan volume secara manual setelah perangkat terhubung ke perangkat audio eksternal.

Jika masalah ini terjadi secara konsisten, periksa pengaturan Bluetooth atau audio di perangkat Android Anda untuk melihat apakah ada opsi yang memengaruhi pengaturan volume otomatis saat terhubung ke perangkat audio eksternal.

7.Lakukan factory reset

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Smartphone Android dengan Kamera Terbaik , Cocok untuk Mengabadikan Momen Nataru 2024

Benar, melakukan factory reset pada perangkat Android bisa menjadi langkah terakhir untuk mengatasi masalah yang persisten.

Namun, penting untuk diingat bahwa factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat, sehingga pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.

Berikut langkah-langkah umum untuk melakukan factory reset, meskipun cara ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat:

Buka menu "Settings" di perangkat Android Anda.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Smartphone Terbaik untuk Kerja 2024, Harga Rp1 Jutaan, Buruan Cek Sekarang!

Gulir ke bawah dan cari opsi yang berhubungan dengan "Back and Reset" atau "System" tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

Pilih opsi "Factory Reset" atau "Reset Phone."

Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau pola kunci perangkat Anda untuk konfirmasi.

Konfirmasi bahwa Anda ingin melakukan factory reset. Perhatikan bahwa proses ini akan menghapus semua data di perangkat.

BACA JUGA: Sukses di Jepang, Sharp Resmi Meluncurkan Smartphone Flagship Terbaru AQUOS R8s Series di Indonesia

Setelah proses factory reset selesai, perangkat Anda akan kembali ke pengaturan pabrik, dan Anda perlu mengatur ulang segala sesuatunya dari awal. Pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan factory reset untuk menghindari kehilangan informasi yang berharga.

itulah beberapa metode untuk mengatasi fluktuasi volume secara otomatis pada perangkat Android. Sebagai saran awal, disarankan untuk memulai dengan tindakan yang paling sederhana, seperti merestart perangkat.

Jika langkah-langkah yang sederhana tersebut tidak berhasil mengatasi masalah, barulah Anda dapat mencoba pendekatan yang lebih mendalam, seperti melakukan factory reset.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: