Amankan Nataru 2024, Polres Muara Enim Gelar Rakor Lintas Sektoral

Amankan Nataru 2024, Polres Muara Enim Gelar Rakor Lintas Sektoral

RAKOR : Polres Muara Enim memggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral, di ruang rupatama Mapolres Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk memastikan perayaan Hari Natal 2023 dan malam pergantian Tahun baru 2024 berlangsung aman dan kondusif, Polres Muara Enim memggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral, di ruang rupatama Mapolres Muara Enim, Senin 18 Desember 2023.

Kegiatan dipimpin oleh Waka Polres Kompol CS Panjaitan,SE MSi mewakili Kapolres Muara Enim didampingi oleh Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Toni Arman, SH dan puluhan PJU Polres Muara Enim

Selain itu juga dihadiri perwakilan dari instansi lain seperti Pj Bupati Muara Enim diwakili Kabid Trantibumas Sat Pol PP Saidina Umar SH, Dandim diwakili Batuud, Dansub Den Pom Dam II SWJ, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas PUP.

Kemudian turut hadir juga, Kepala UPTD Bedegung, Pengurus Wisata Dajau Shuji Lembak, Pengurus Waterpark/Boom Klawas Tanjung Enim, Ka PT KAI Muara Enim, Pimpinan PLN Muara Enim, Keyuas Senkom, Kades Bedegung, Pengusaha SPBU Kepur dan SPBJ Desa Lingga, Ketua FKUP Muara Enim,  Pendeta serta para undangan lainnya.

BACA JUGA:Dukung Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA Gelar Pelatihan Seni Tari Tanggai

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam pertemuan penting pada hari ini Rapat Lintas Sektoral membahas Pengalaman Nataru 2023," ujar Waka Polres Muara Enim.

Menurut Kompol CS Panjaitan, kegiatan rapat koordinasi kesiapan pengamanan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini merupakan langkah strategi untuk memastikan situasi Kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Muara Enim, pada perayaan Natal dan Tahun Baru tetap terjaga dengan baik. 

Untuk itu, kegiatan ini merupakan sarana bagi seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menyamakan persepsi, bertukar informasi, bersinergi dan mengoordinasikan kaitan dengan tugas masing-masing instansi pada pengamanan perayaan Nataru nanti.

"Beberapa hal yang perlu kita perkuat dalam rapat koordinasi lintas sektoral ini yaitu komunikasi efektif, kesepahaman tujuan bersama, koordinasi dan kolaborasi. Maka diharapkan kesepahaman ini dapat diimplementasikan mulai aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengendalian secara terpadu," terangnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Beri Penguatan Tusi di Lapas Sekayu

Lanjut Kompol CS Panjaitan dalam rangka menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, lanjut Kompol CS Panjaitan, Polres Muara Enim akan mengintensifkan kegiatan patroli di tempat-tempat ibadah, tempat wisata, pengawasan ketat terhadap kegiatan yang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan, hingga mempersiapkan personel beserta sarana dan prasarana taktis kepolisian.

Sementara Itu, Kabag Ops Kompol Toni Arman dalam paparanya mengatakan bahwa peta kerawanan yang mencakup titik-titik rawan dan ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru yang akan dilaksanakan masyarakat nantinya.

Pada perayaan Nataru kali ini yang harus tetap dipahami adalah kita bukan hanya fokus pada pengamanan perayaan Natal dan tahun baru, namun juga penekanannya terciptanya situasi Kamtibmas yang aman jelang pemilu damai 2024.

“Mengantisipasi perayaan Nataru kali ini, Polres Muara Enim akan menggelar Operasi Lilin Musi 2023 dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat yang mudik mau pun yang melintasi wilayah hukum Polres Muara Enim dan operasi ini diharapkan dapat mensukseskan perayaan Natal dan malam pergantian tahun 2024,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: