3 Film Anime Studio Ghibli Paling Populer Sepanjang Masa, Suka yang Mana?

3 Film Anime Studio Ghibli Paling Populer Sepanjang Masa, Suka yang Mana?

Tangkapan layar adegan dalam Film Mononoke, salah satu film Studio Ghibli, Jepang.--net

SUMEKS.CO - Ngomongin film animasi atau anime, Studio Ghibli menjadi salah satu rujukan. Sejumlah filmnya paling populer dan terkenal di Jepang.

Sampai dengan hari ini ada tiga Film Studio Ghibli yang paling populer. Masih sering ditonton dan tidak bikin boring.

Cerita yang disajikan film anime Studio Ghibli ini juga masih related dengan zaman sekarang lho.

Penasaran dengan tiga film Studio Ghibli yang paling populer ini? Simak ulasan berikut ini :

BACA JUGA:Sejarah Kejayaan Anime Dalam Penyiaran di Indonesia Sampai Akhirnya Redup dan Bangkit Melalui Streaming

1. Princess Mononoke

Film Princess Mononoke merupakan film dengan pendapatan kotor tertinggi di Jepang pada tahun 1997. Merupakan film yang berlatar di Jepang pada periode Muromachi.

Zaman Muromachi adalah salah satu pembagian periode dalam sejarah Jepang ketika keshogunan Ashikaga berkuasa di Jepang.

Meski mengambil  latar sejarah, film ini tetap dikemas dengan tambahan elemen-elemen fantasi ciri khas Studio Ghibli. 

BACA JUGA: Mengupas Misteri Kehancuran Hubungan Manusia dan Robot, Anime Pluto Akan Segera Tayang di Netflix

Film Princess Mononoke dibuka dengan Pangeran Ashitaka yang terlibat perkelahian alot dengan seekor babi hutan yang dirasuki roh jahat. Meski pangeran berhasil mengalahkan babi hutan itu, tapi dia terkena kutukan yang menempel pada tangannya.

Kutukan itu menyebarkan kebencian dan membuat orang yang terinfeksi menjadi gila. Efek paling mengerikannya lagi ternyata kutukan itu bisa membuat hati dan daging bakal digerogoti sampai menjadi monster.

Mau tidak mau Pangeran Ashitaka harus mencari obat penawar untuk mengobati kutukannya. Menurut informasi yang dia dapat, obatnya ada di Barat, di sebuah kota bernama kota Besi.

Ternyata nama kota besi sendiri diambil dari mata pencaharian utama masyarakatnya di kota tersebut. Perempuan dan lelakinya bekerja sebagai pandai besi. Mereka memanfaatkan besi untuk membuat senjata api.

BACA JUGA:11 Anime Rilis Musim 2024 Beserta Sinopsisnya, Yuk Simak Mungkin Salah Satunya Favoritmu!

Dalam perjalanannya menuju kota Besi, Pangeran Ashitaka disambut oleh pertikaian klan pandai besi yang dipimpin oleh Lady Eboshi melawan klan samurai yang tidak menerima adanya pembuatan senjata api.

Putri Mononoke juga terlibat dalam peperangan tersebut. Putri Mononoke adalah seorang gadis yang dibesarkan oleh serigala di dalam hutan. Dia memimpin para dewa binatang di hutan ajaib yang juga terkena dampak perusakan hutan.

Pangeran Ashitake mau tidak mau juga ikut terlibat dalam perpecahan itu sekaligus berusaha menyelesaikan konflik itu secara damai.


Film Sprited Away hasil produksi Studio Ghibli, Jepang.--net

BACA JUGA:Alur Cerita, Konflik dan Karakter Anime Sousou no Freiren 2023, Selengkap Cek Disini!

2. Spirited Away

Film ini rilis pada tanggal 20 Juli 2001 lalu. Sebuah film yang kemudian menjadi salah satu film animasi paling terkenal sepanjang masa yang diputar di bioskop Jepang.

.Spirited Away kemudian menjadi film terlaris yang memegang rekor selama 19 tahun, mengalahkan film Princess Mononoke.

Film Spirited Away dibuka dengan menampilkan gadis berumur 10 tahun bernama Chihiro. Mereka sekeluarga sayangnya harus pindah rumah karena pekerjaan.

BACA JUGA:Wah Merinding! Rekomendasi Anime Genre Slice Of Life Terbaik, Penuh Makna Tapi Kurang Mendapat Spotlight

Sepanjang perjalanan Chihiro terlihat murung di kursi belakang mobil. Mereka pergi ke rumah baru tapi Chihiro merasa cemas tentang kehidupan masa depannya karena selalu berpindah-pindah.

Dalam perjalanan itu mereka malah masuk ke sebuah dunia ajaib. Di sana kedua orang tua Chihiro diubah menjadi seekor babi setelah memakan makanan yang bukan milik mereka.

Agar bisa mengembalikan orang tuanya, Chihiro harus bekerja di tempat pemandian umum untuk para dewa. Chihiro masuk ke dunia roh melalu sebuah terowongan.

Chihiro mengumpulkan keberanian untuk hidup dan bekerja diantara para roh dan dewa. Dengan bantuan Haku, Chihiro memulai kehidupannya di dunia roh dengan tujuan agar dapat mengembalikan kedua orang tuanya menjadi manusia seperti semula.

BACA JUGA: Sinopsis Series Live Action One Piece, Anime Populer yang Paling Ditunggu Ini Tayang Di Netflix

3. My Nightbore Totoro


Film My Nightbore Toronto --net

Film ini pernah memenangkan hadiah Grand Prix Anime Animage dan Penghargaan Film Mainichi serta Penghargaan Kinema Junpo untuk film terbaik pada tahun 1988.

Film ini setidaknya telah meraup lebih dari 41 juta dolar dari tayangan di box office seluruh dunia pada September 2019.

My Nightbore Totoro dimulai dengan kepindahan kakak beradik bernama Satsuki dan Mei serta  ayahnya ke rumah baru.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Film Original Netflix yang Wajib Ditonton di Bulan Agustus, Ada Anime One Piece

Rumah itu terletak di tengah pedesaan sekaligus bersebelahan denganhutan lebat dimana terdapat pohon raksasa keramat yang tumbuh tepat di tengahnya. 

Ternyata pohon tersebut adalah tempat tinggal Totoro. Pada suatu hari Mei tersesat ke dalam hutan. Hingga Mei bertemu dengan makhluk yang hanya bisa dilihat oleh anak-anak bernama Totoro.

Setelah berhasil pulang, Mei menceritakan kepada ayahnya dan Satsuki tentang sarang Totoro. Meskipun cerita Mei agak tidak masuk akal, tapi ayahnya dan Satsuki percaya bahwa Totoro memang ada.

Suatu ketika Mei sangat kangen dengan ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit. Dia ingin menjenguk ibunya tapi Satsuki melarang karena rumah sakit sangat jauh, sampai akhirnya mereka bertengkar sehingga Mei kabur dari rumah.

BACA JUGA: Mengupas Misteri Kehancuran Hubungan Manusia dan Robot, Anime Pluto Akan Segera Tayang di Netflix

Saat mengetahui bahwa Mei tidak pulang, Satsuki beserta para warga di desa itu langsung mencari, sampai akhirnya dia teringat dengan Totoro dan merapalkan harapan agar Mei ditemukan.

.Totoro menjawab harapan Satsuki. Totoro memanggil mobil kucing untuk membawa Satsuki mencari Mei, setelah ditemukan mobil kucing itu langsung mengantar Satsuki dan Mei ke rumah sakit ke tempat ibu mereka dirawat.

Pada akhirnya setelah sampai di rumah sakit, mereka berdua senang melihat kondisi ibunya ternyata baik-baik saja.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: