Sejumlah Rumah di Muara Kuang Ogan Ilir Mulai Terendam Banjir, Ini Imbauan Kapolsek

Sejumlah Rumah di Muara Kuang Ogan Ilir Mulai Terendam Banjir, Ini Imbauan Kapolsek

Personel Polsek Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, saat melakukan pengecekan lokasi banjir yang berlokasi di bantaran Sungai Ogan Kecamatan Muara Kuang. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Tingginya curah hujan yang terjadi di Kabupaten OGAN ILIR dalam beberapa hari terakhir, membuat Sungai Ogan di Kecamatan Muara Kuang meluap. 

Akibat meluapnya Sungai Ogan di Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, membuat sejumlah rumah yang terletak di bantaran Sungai Ogan terendam banjir

Menurut Kapolsek Muara Kuang, Iptu Alimin, meluapnya Sungai Ogan yang berada di Kecamatan Muara Kuang memang sudah langganan terjadi setiap tahunnya. 

"Kalau jumlah rumah yang terdampak banjir kita tidak mengetahui secara pasti, karena ini rata-rata rumah di sepanjang bantaran Sungai Ogan," jelasnya, Minggu, 10 Desember 2023.

BACA JUGA:41 Rumah di Kelurahan Gunung Ibul Prabumulih Terendam Banjir

Ditambahkan Alimin, setiap musim penghujan, kondisi Sungai Ogan yang berada di Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir memang sudah langganan meluap. 

"Jadi masyarakat di bantaran Sungai Ogan di Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir ini memang sudah terbiasa menghadapi banjir," ungkapnya. 

Saat pengecekan ke lokasi banjir di Desa Serimenanti Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, Kapolsek menerangkan, tinggi air sekitar 30 hingga 40 centimeter. 

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi, dikarenakan rata-rata rumah warga bertiang tinggi atau rumah panggung.

BACA JUGA:Dua Desa di Talang Ubi, PALI Terendam Banjir, Warga Diimbau Awasi Anak-Anak

"Dan banjir tersebut akibat curah hujan tinggi beberapa hari ini yang mengakibatkan meluapnya air Sungai Ogan," jelasnya. 

Kejadian banjir ini, akan mengakibatkan terganggunya kegiatan dari segala sektor. Yaitu, pendidikan, perekonomian dan transportasi bagi masyarakat desa dalam kecamatan Muara Kuang. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Ogan dari Desa Munggu sampai Desa Kelampadu, agar tetap waspada.

"Harap waspada akan tingginya curah hujan yang mengakibatkan banjir, selain itu warga juga hendaknya tidak membuang sampah sembarangan yang berakibat mampetnya selokan," imbaunya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: