PAU Sumsel Minta Aksara Ulu Diusulkan Menjadi Mata Pelajaran di SMA

PAU Sumsel Minta Aksara Ulu Diusulkan Menjadi Mata Pelajaran di SMA

Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan (PAU Sumsel) mengusulkan agar Aksara Ulu dijadikan mata pelajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan (PAU Sumsel) mengusulkan agar Aksara Ulu dijadikan mata pelajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah.

"Jadi ini upaya kami sebagai generasi muda militan melestarian Aksara ulu atau Ka Ga Nga, khas Sumatera Selatan, " kata Nuzulur Ramadhona ketua PAU Sumsel, Kamis 8 Desember 2023 saat beraudiensi dengan Disdik Provinsi Sumsel.

Nuzulur mengatakan sejatinya sosialisasi berkala terus mereka lakukan agar tulisan Aksara Ulu Sumsel tidak punah di Bumi Sriwijaya.

Pelestarian beraksara yang telah PAU Sumsel lakukan yaitu melalui workshop, media sosial bahkan merambah ke dunia ekonomi kreatif. 

BACA JUGA:Jackson Hinkle Sebut Video Hamas Buktikan Terowongan Dibawah Kaki Pasukan Zionis, Kenapa Tidak Dibom Saja!

"Kami sangat berharap Disdik Sumsel memberikan support. Karena memang ini menjadi tugas bersamw, " kata dia.

Vikri Mubaroq sekertaris umum PAU Sumsel berbicara lebih kepada perihal harapan PAU untuk dapat bekerjasama dengan Disdik Sumsel dalam hal pelestarian Aksara Ulu Sumsel dengan metode yang lebih tepat sasaran.

Dialog tersebut mendapat respon positif oleh Febriansyah dari Kasi Kurikulum Disdik Sumsel yang sekaligus mengapresiasi semangat generasi muda yang peduli terhadap budaya untuk melestarikan tulisan aksara ulu Sumsel di tingkat sekolah menengah atas. 

Disdik Sumsel akan memberikan surat izin rekomendasi untuk beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri di Sumatera Selatan, untuk memperkenalkan Aksara Ulu Sumsel.

" Sehingga Aksara Ulu Sumsel ini dapat tetap lestari di kalangan pelajar untuk menjaga dan mencintai kembali budaya leluhurnya," tutup Febri. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: