5 Tips Liburan Aman Pakai Mobil Pribadi, Nomor 5 Tidak Boleh Diabaikan

5 Tips Liburan Aman Pakai Mobil Pribadi, Nomor 5 Tidak Boleh Diabaikan

Tips liburan aman pakai mobil pribadi-Foto : Ilustrasi-

SUMEKS.CO – Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak yang merencanakan pergi liburan, mudik, pulang kampung dan mengunjungi berbagai tempat wisata dengan menggunakan berbagai transportasi salah satunya yang paling banyak mobil pribadi.

Menggunakan mobil pribadi terutama saat liburan dianggap sangat fleksibel dan tidak repot, apalagi jika ingin berpindah-pindah tempat dan terikat dengan jadwal transportasi umum.

Meski memang ada banyak perubahan namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan menggunakan mobil pribadi saat liburan atau pergi ke suatu tempat terlebih melakukan perjalanan jauh.

Dikutip dari berbagai sumber ini 5 hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau liburan.

BACA JUGA:Bagaimana Menikmati Liburan Asik Tanpa Drama dan Anti Ribet! Begini Tipsnya

1. Mesin mobil

Hal pertama yang harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan dari mobil pribadi yang akan digunakan untuk liburan atau perjalanan jauh adalah mesin mobil. Disarankan untuk memeriksa kondisi mesin secara menyeluruh dengan komponen lainnya yang juga harus di cek.

Adanya pengecekan mesin mobil ini seharusnya secara berkala bukan hanya saat ingin pergi liburan atau perjalanan jauh saja, salah satunya dengan melihat tingkat keenceran dan volume oli menggunakan dipstick.

Kemudian periksa level oli yang ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum sehingga perjalanan akan terasa nyaman dan aman.

BACA JUGA:5 Tips Liburan Anti Mainstrem Low Budget Buat Mahasiswa dan Pelajar, Nomor 5 Bikin Kantong Gak Jebol

2. Kelistrikan

Selanjutnya ada bagian kelistrikan yang menjadi salah satu komponen penting yang harus di cek serta dirawat secara berkala.

Hal ini lantaran kondisi kelistrikan dapat mempengaruhi kinerja komponen dan juga fitur kendaraan lain mulai dari lampu, sistem entertainment dan sistem starter.

Pentingnya kinerja dari kelistrikan ini akan mempengaruhi aki mobil yang prima sehingga diperlukan pengecekan termasuk diantaranya adalah volume dari air aki khususnya yang belum mengadopsi aki kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: