Peringati Hari AIDS Sedunia 1 Desember, YSI dan Aktivis Peduli HIV/AIDS Melaksanakan Kegiatan Bakti Masyarakat

Peringati Hari AIDS Sedunia 1 Desember, YSI dan Aktivis Peduli HIV/AIDS Melaksanakan Kegiatan Bakti Masyarakat

Aktivis HIV/AIDS di Kota Palembang menggelar jalan sehat di Monpera Palembang, Minggu, 3 Desember 2023.-Indra-

SUMEKS.CO - Memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 1 Desember 2023, Yayasan Intan Maharani (YSI) berkolaborasi dengan aktivis dan penggiat HIV/AIDS di Kota Palembang melaksanakan kegiatan bakti masyarakat.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2023’ diisi jalan sehat, peduli lingkungan, pemilihan konseling, serta acara seremonial pelepasan burung merpati.

“Setiap tanggal 1 Desember kita memperingati hari AIDS sedunia, dengan ini kita sebagai lembaga kesehatan yang tergabung sebagai aktivis HIV/AIDS mengajak dan menghimbau kepada masyarakat akan bahayanya penyakit HIV/AIDS,” kata Ketua Panitia, Rusdan Indra Paty kepada SUMEKS.CO di Monpera, Palembang, pada Minggu, 3 Desember 2023.

Rusda berharap dengan rutinnya diadakan kegiatan HAS ini dapat memberikan pemahaman atas pentingnya menjaga kesehatan dari HIV/AIDS terhadap masyarakat.

BACA JUGA: Pelan Tapi Pasti, Kasus HIV/AIDS di Sumsel Tercatat 689, Terbanyak di Kota Palembang

“Pada HAS hari ini  kita melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari jalan sehat, peduli lingkungan, pemilihan ‘konseling, dokter, dan puskesmas’ ramah komunitas, serta acara seremonial pelepasan sepasang burung merpati,” ujarnya.

Ketua Yayasan Intan Maharani Syahri mengapresiasi atas terlaksananya peringatan Hari AIDS Sedunia  yang berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Palembang pada  Minggu, 3 Desember 2023 pagi.

“Tentunya kegiatan HAS ini yang dilaksanakan di lapangan terbuka dan dekat dengan ruang publik, yang diharapkan untuk dapat mengajak dan mengedukasi akan pentingnya menjaga kesehatan HIV/AIDS kepada masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan sangat mendukung kegiatan HAS kali ini. Menurutnya kegiatan atas kepedulian dari bahayanya AIDS ini perlu ditingkatkan.

BACA JUGA:HIV/AIDS di Palembang Ada 358 Kasus, Berikut Langkah-Langkah Pencegahan HIV

“Untuk di Kota Palembang diketahui  lebih dari 200 penderita HIV/AIDS di tahun 2023 ini, dengan tingginya angka HIV/AIDS di Palembang kegiatan serupa HAS ini harus rutin dilaksanakan yang diharapkan dapat menekan angka peningkatan pasien HIV/AIDS,” jelasnya.

Selain itu, Yudhi Setiawan juga menambahkan, guna menekan peningkatan angka penderita HIV/AIDS di Kota Palembang. Ia berpesan untuk seluruh masyarakat terkhusus anak muda untuk tidak melakukan hubungan bebas diluar pernikahan ataupun hubungan sejenis.

“Bari kita sama-sama menekan angka penderita HIV/AIDS di Kota Palembang. Sama-sama kita bisa, kita bisa sama-sama,” tagasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: