Mitos atau Fakta! Minum Susu Secara Rutin Bisa Menamabah Tinggi Badan

Mitos atau Fakta! Minum Susu Secara Rutin Bisa Menamabah Tinggi Badan

Memberikan anak susu dipercaya dapat menambah tinggi badan.--dok : sumeks.co

SUMEKS.COSusu sering disebut sebagai salah satu asupan yang dianggap bisa menambah tinggi badan. Namun apakah itu benar atau malah sebaliknya?

Setiap orang tua pastinya menginginkan anaknya tumbuh tinggi dan sehat. Salah satu upaya yang dilakukan yakni memberi anak susu sejak bayi. 

Tapi apakah minum susu memang bisa menambah tinggi badan seseorang? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari klikdokter, salah satu penelitian menyebutkan tentang susu yang berkaitan dengan pertumbuhan masa kanak-kanak. 

BACA JUGA: Ini 6 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Susu Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan sekitar 20 persen pada mereka yang minum susu dibandingkan dengan yang tidak minum susu.

Kemudian studi terbaru juga menyorot efek susu terhadap pertumbuhan masa kanak-kanak dengan hasil yang beragam. 

Salah satunya terkait dengan faktor sosial ekonomi yakni pendapatan dan akses makanan yang bergizi.

Sebenarnya ada banyak studi yang menghubungkan konsumsi susu pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun dengan resiko pertumbuhan terhambat dengan hasil 1,9 persen lebih rendah.

BACA JUGA:Salah Satu Pilihan Minuman Sehat, Ini 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Lalu para ahli juga berasumsi tentang adanya hubungan positif antara asupan makanan dan pertumbuhan masa kanak-kanak dimana sebagian lagi disebabkan oleh variasi nutrisi yang diberikan.

Wajar saja jika sejak bayi, para orang tua memberikan asupan susu kepada anak-anaknya karena memang susu mengandung banyak nutrisi penting.

Nutrisi penting itu diantaranya meliputi protein, kalsium, kalium, seng, vitamin A, dan vitamin D yang ada dan mengandung pada beberapa produk susu sehingga penting untuk pertumbuhan selama masa kanak-kanak. 

Formula susu juga menstimulasi pembuatan hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1) yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan tulang dan otot lalu bagaimana dengan pernyataan minum susu bikin tinggi? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: