7 Surah Alquran yang Bisa Dijadikan Obat Penenang Hati, Sekali Baca Gundah Gelisah Hilang Seketika

7 Surah Alquran yang Bisa Dijadikan Obat Penenang Hati, Sekali Baca Gundah Gelisah Hilang Seketika

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman dalam hidup. Didalamnya, banyak terkandung ayat yang dapat menenangkan hati seseorang apabila membacanya--

SUMEKS.CO - Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman dalam hidup. Didalamnya, banyak terkandung ayat yang dapat menenangkan hati seseorang apabila membacanya.

Dalam Islam, Alquran menjadi kitab penyempurna dari kitab sebelumnya. Allah SWT menurunkan Alquran kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril as.

Al-Qur'an terdiri dari 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat. Alquran terbagi atas dua golongan, yakni surah makkiyah dan madaniyah atau tergantung pada tempat dan waktu penurunan surah tersebut.

Selain menjadi pedoman hidup bagi manusia, Alquran juga disebut juga sebagai Assyifa atau obat dari segala penyakit.

BACA JUGA:Tak Perlu Perawatan, Cukup Baca 5 Ayat Alquran Ini Wajah Bisa Bercahaya dan Berseri, Bisa Bikin Orang Takluk

Dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa kitab hadist, ada beberapa ayat yang menenangkan hati seseorang ketika membacanya. Diantara ayat tersebut yakni:

1. Surat Al-Fatihah

Surat yang memiliki banyak keutamaan atau fadilah ini disebut juga sebagai Ummul Quran. Salah satu manfaat yang didapatkan bagi seseorang yang membaca Surah Al Fatihah, maka hatinya akan tenang dan tenteram. 

Rasulullah SAW bersabda: “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Al-Qur'an,” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:MASYAALLAH! Ilmuan Barat Temukan Gerbang Menuju Langit ke 7, Lagi Kebenaran Alquran Terbukti

Untuk menenangkan hati, seseorang bisa membaca surat penenang hati ini sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh.

2. Surah Al-Baqarah

Dalam surat Al-Baqarah, terdapat beberapa ayat yang dapat menjadi surat penenang hati, yang terkandung dalam ayat 255.

Ayat ini banyak disebut sebagai ayat kursi atau ayat sapujagat. Sebab, ayat ini bisa diamalkan sebagai penyembuh, sebagai doa, dan sebagai penenang hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: