Ikan Mas jadi Hama di Australia, Ekosistem Sungai Dihancurkan

Ikan Mas jadi Hama di Australia, Ekosistem Sungai Dihancurkan

Populasi ikan mas yang menyebar begitu cepat di perairan air tawar Australia.--

SUMEKS.CO - Ikan mas menjadi salah satu ikan favorit di Indonesia. Ikan ini dibudidayakan untuk menjadi konsumsi dan memiliki nilai ekonomis yang penting. Namun bagaimana jadinya jika Ikan mas menjadi hama. 

Di Australia populasi ikan mas menjadi ancaman. Berbagai upaya Pemerintah Australia untuk mensterilkan ikan ini. Tidak sedikit biaya dikeluarkan pemerintah untuk memusnahkan ikan ini dari perairan Australia

Populasi ikan mas yang merupakan ikan liar menyebar begitu cepat di perairan air tawar Australia. Sifat ikan mas yang rakus, dengan menyikat habis apapun yang ditemukan di perairan. 

Ikan mas mengubah sungai, danau dan tempat ia hidup menjadi berlumpur, hingga tidak ada tanaman aquatic yang bisa tumbuh di dasar perairan. 

BACA JUGA:Lumat Mali 1-2, Prancis Tantang Jerman di Piala Dunia U-17 2023

Ikan mas bukanlah ikan asli Australia. Ikan ini dibawah pertama kali tahun 1858. Awalnya ikan mas didatangkan untuk keperluan pangan, dipelihara di kolam tertutup, hingga akhirnya tidak sengaja terlepas di aliran sungai dan danau di beberapa daerah di Australia. 

Bila apa yang dialami di Australia terjadi di Indonesia, tentu hal itu tidak akan terjadi. Karena konsumsi ikan mas di Indonesia begitu tinggi. Sehingga populasi ikan mas masih terkendali. 

Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar dan hidup di perairan dangkal yang mengalir dengan tenang dan memiliki suhu sejuk. 

Ikan dengan nama latin Cyprinus carpio ini sangat adaptif terhadap lingkungan, sehingga banyak dibudidayakan di Indonesia.

BACA JUGA:Prestasi Luar Biasa, Dosen UBD Palembang Raih Certified Marketing Analyst di level internasional

menurut sejarah, ikan mas sudah mulai dipelihara di Tiongkok sejak zaman Dinasti Sun pada 1234 SM. Sekitar abad pertengahan, ikan mas menyebar ke daerah Eropa dan Asia.

Salah satu ciri ikan yang juga disebut sebagai ikan karper ini ialah memiliki misae atau kumis. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri ikan mas yang juga perlu diketahui. Simak ulasan berikut.

Selain memiliki misae, berikut adalah ciri-ciri ikan mas secara morfologi:

1. Memiliki penutup insang atau opeculum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: