18 Partai di Ogan Ilir Sepakat Lakukan Kampanye Damai Tanpa Politik Uang

18 Partai di Ogan Ilir Sepakat Lakukan Kampanye Damai Tanpa Politik Uang

Perwakilan 18 partai politik di Kabupaten Ogan Ilir saat mendeklarasikan Kampanye Damai yang diselenggarakan oleh Bawaslu Ogan Ilir di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang, Kamis malam, 23 November 2023.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Dijadwalkan, pelaksanaan kampanye untuk Pemilihan Umum tahun 2024, baru dimulai pada tanggal 28 November 2023 mendatang.

Kendati masih beberapa hari lagi, namun seluruh partai politik di Kabupaten Ogan Ilir telah sepakat melaksanakan kampanye secara damai. 

Kesepakatan kampanye damai ini, telah dideklarasikan seluruh partai di Kabupaten Ogan Ilir yang dipusatkan di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang, Kamis malam, 23 November 2023.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir, Dewi Alhikmah Wati mengungkapkan, deklarasi kampanye damai ini diikuti oleh 18 perwakilan partai politik di Kabupaten Ogan Ilir. 

BACA JUGA:Selamat! Kanwil Kemenkumham Sumsel Sabet 2 Penghargaan dalam Sumsel Treasury Award 2023

"Bawaslu itu pengawas yang diibaratkan wasit di sebuah kompetisi olahraga," sebutnya.

Dengan dideklarasikannya kampanye damai ini, Dewi berharap, penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Ogan Ilir pada 2024 mendatang dapat berjalan tanpa konflik. 

"Deklarasi kampanye damai ini juga berisikan tentang penolakan terhadap politik uang, politisasi SARA, serta penyebaran berita hoaks," paparnya. 

Sebagaimana diketahui, bahwa masa kampanye mulai dibuka selama kurang lebih tiga bulan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Tak Biasa, Majalah Model Ternama GQ Magazine Pilih Wartawan Palestina Motaz Azaiza Man of The Year 2023

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Bawaslu Ogan Ilir sebelumnya telah menertibkan Alat Peraga Sosialisasi (APS) yang menjurus Alat Peraga Kampanye (APK).

"Mari sambut Pemilu dengan gembira, jangan dibikin pusing dan kita semua punya peran menyukseskan Pemilu," ajaknya. 

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, berkeyakinan bahwa pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ogan Ilir nanti akan berjalan dengan kondusif tanpa konflik. 

"Ini berdasarkan pengalaman sebelumnya. Seperti pada pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan pada Oktober 2022 lalu berjalan lancar tanpa ada kendala berarti," sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: