1.446 Satlinmas Siap Amankan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Wilayah Ogan Ilir

1.446 Satlinmas Siap Amankan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Wilayah Ogan Ilir

Kasat Pol PP Kabupaten Ogan Ilir, Kapidin, saat menghadiri Rakor peran Linmas dalam membantu pengamanan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Tahun 2024 mendatang, Indonesia akan menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. 

Semua pihak diharapkan bisa menjaga keamanan dan ketertiban umum saat pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak pada tahun 2024 nanti. 

Tugas tersebut juga ditekankan terhadap seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ada di seluruh Indonesia, tanpa terkecuali Ogan Ilir. 

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Ogan Ilir, Kapidin, di Kabupaten Ogan Ilir memiliki 1.446 anggota Satlinmas yang siap membantu mengamankan pesta demokrasi tersebut. 

BACA JUGA:Sambangi Polres Ogan Ilir, Kapolda Sumsel 'Warning' Anak Buahnya Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

"Peran Linmas sangat membantu dalam pengamanan Pemilu dan Pilkada nanti," ungkapnya kepada SUMEKS.CO, Rabu, 22 November 2023.

Ditambahkan Kapidin, tugas berat telah menanti menjelang Pemilu 2024. Bahkan saat ini PPK, Panwas dan PPS dan Pantarlih telah terbentuk. Maka peran Linmas sangat dibutuhkan, bersinergi dengan TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Beberapa hari lalu, kita sudah menggelar Rapat Koordinasi dengan Satpol PP se-Sumsel untuk meningkatkan peran serta Satlinmas dan Satpol PP pada Pemilu dan Pilkada," paparnya. 

Menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang, pihaknya berencana akan melakukan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas dan menjaga kekompakan serta mengingatkan kembali tugas-tugasnya.

BACA JUGA:Jelang Tahapan Kampanye, KPUD Muratara Bahas Penetapan Lokasi Pemasangan APK Pemilu 2024

Untuk diketahui, Satlinmas mempunyai lima tugas, yaitu membantu penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan membantu kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Satlinmas juga mempunyai tugas membantu ketenteraman, ketertiban keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan membantu upaya pertahanan," sebutnya. 

Anggota Linmas pun bisa sebagai cadangan dalam menangani ancaman dari dalam maupun dari luar, untuk mengatasi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) apabila diperlukan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: