6 Cara Kreatif Memaksimalkan Ruang dengan Mezzanine, Solusi Efektif untuk Meningkatkan Estetika Rumah

6 Cara Kreatif Memaksimalkan Ruang dengan Mezzanine, Solusi Efektif untuk Meningkatkan Estetika Rumah

Ilustrasi--

SUMEKS.CO - Mezzanine adalah lantai tambahan yang terletak di antara dua lantai utama dalam sebuah ruangan.

Biasanya, mezzanine terletak di antara lantai dasar dan lantai pertama bangunan, namun terkadang juga dapat ditempatkan di antara lantai pertama dan lantai kedua.

Mezanin dapat memiliki luas yang bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan desain ruangan. Namun, umumnya mezzanine memiliki luas yang hanya sekitar sepertiga dari luas ruangan.

Hal ini untuk menjaga agar mezzanine tidak terlalu berat dan tidak mengganggu struktur bangunan.

BACA JUGA:Pemkab PALI Perkuat Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah

Mezanin dapat menjadi solusi yang efektif untuk menghemat ruang di dalam bangunan. Mezanine dapat digunakan untuk menciptakan ruang tambahan tanpa perlu menambah jumlah lantai bangunan.

Kata "mezzanine" berasal dari bahasa Italia, yaitu "mezzo" yang berarti "bagian tengah". Kata ini kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk menyebut lantai tambahan yang terletak di antara dua lantai utama dalam sebuah ruangan.

Kata "mezzanine" pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke-17. Pada awalnya, kata ini digunakan untuk menyebut balkon atau tribun yang terletak di antara lantai dasar dan lantai pertama sebuah gedung opera atau teater.

Mezzanine umumnya digunakan untuk memanfaatkan ketinggian ruang tertentu. Mezanine dapat digunakan untuk menciptakan ruang tambahan tanpa perlu menambah jumlah lantai bangunan.

BACA JUGA:Mamah Dede Bakal Meriahkan Cawisan Pemkab Ogan Ilir, Catat Tanggal dan Lokasinya ya!

Hal ini tentu saja dapat menghemat ruang, terutama di dalam bangunan dengan ketinggian langit-langit yang tinggi.

Selain itu, mezzanine juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas tambahan yang tidak membutuhkan ketinggian penuh sampai plafon. Misalnya, mezzanine dapat digunakan sebagai ruang kerja, ruang penyimpanan, ruang galeri, ruang rekreasi, atau bahkan ruang keluarga.

Mezzanine dapat menjadi solusi yang efektif untuk hunian yang mungil karena lahan terbatas. Mezanine dapat digunakan untuk menciptakan ruang tambahan tanpa perlu menambah jumlah lantai bangunan. Hal ini tentu saja dapat menghemat ruang, terutama di dalam hunian dengan lahan terbatas.

Mezanin dapat diterapkan di rumah bertingkat maupun yang tidak bertingkat, tergantung dari desainnya. Di rumah bertingkat, mezzanine dapat dirancang untuk menyatu dengan desain lantai dasar atau lantai pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: