Tinjau Rawa Lebak di Ogan Ilir, Mentan RI Harap Produktivitas Padi Meningkat

Tinjau Rawa Lebak di Ogan Ilir, Mentan RI Harap Produktivitas Padi Meningkat

Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, saat mengunjungi rawa lebak yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, Selasa, 14 November 2023.--

BACA JUGA:6 Tips Desain Kursi Retro Terbaru Tahun 2023, Bangkitkan Nuansa Vintage Rumah Impian Anda

"Kalau lahan sudah dioptimalkan menjadi IP 300, setelah belum lama panen, bisa langsung tanam lagi," kata Mentan Amran.

Usai melakukan panen, Mentan Amran melanjutkan kunjungannya ke Desa Talang Tengah, Kabupaten Ogan Ilir. Di sini, Mentan Amran memantau langsung pembuatan saluran air dan long stroge yang dibangun secara swadaya oleh petani dengan menggunakan alat berat (excavator).

"Dengan adanya saluran ini diharapkan kondisi air pada lahan lebih dapat ditata. Tidak kebanjiran saat musim hujan, dan pada saat mulai masuk musim kering, masih terdapat air pada long storage," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ali Jamil menjelaskan, potensi lahan rawa di Sumsel mencapai 3.054.347,60 hektare. Ali Jamil mengungkapkan luas lahan rawa lebak mencapai 1.354.805,88 hektare dan luas lahan rawa pasang surut mencapai 1.699.541,71 hektare.

"Langkah awal peningkatan produksi padi akan ditempuh dengan meningkatkan luas tanam melalui peningkatan Indeks Pertanaman dengan program optimasi lahan. Kita akan segera lakukan penataan tanggul, pembangunan pintu-pintu air, pompanisasi, dan lain-lain," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: