Sosialisasikan Jalan Dua Lajur di PALI, Puluhan Kendaraan Terpaksa Putar Balik

Sosialisasikan Jalan Dua Lajur di PALI, Puluhan Kendaraan Terpaksa Putar Balik

Sejumlah kendaraan terpaksa putar balik akibat melanggar jalur yang tentukan. Foto: Heru/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Dinas Perhubungan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sosialisasikan jalan dua lajur yang ada di Ibu Kota Kabupaten yang baru berusia 10 tahun tersebut.

Pada sosialisasi yang dilakukan Dishub Kabupaten PALI Senin 13 November 2023, membuat puluhan kendaraan terpaksa putar balik akibat melanggar jalur yang tentukan. 

Diungkapkan Plt Kepala Dishub kabupaten PALI, Kartika Anwar bahwa sosialisasi tersebut selain untuk difungsikannya jalan dua lajur juga menekan angka kecelakaan lalulintas.

"Saat ini kita baru sosialisasikan, agar jalan dua lajur yang sudah rampung dikerjakan bisa difungsikan. Juga untuk menekan angka kecelakaan lalulintas," ujar Kadishub PALI. 

BACA JUGA:Tak Tahu Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Ditutup, Banyak Kendaraan Putar Balik

Ditambahkan Kartika Anwar bahwa saat sosialisasi difungsikannya jalan dua lajur, bagi pengguna jalan  diarahkan untuk melalui jalur yang benar. 

"Jalur tersebut sudah rampung dikerjakan, bagi pengguna jalan kita arahkan melintas pada jalurnya masing-masing. Namun yang masih membandel, terpaksa kita arahkan  putar balik," imbuh Kartika Anwar.

Untuk mengoptimalkan difungsikannya jalan dua lajur, Kartika Anwar menegaskan akan menggandeng kepolisian untuk mengambil tindakan bagi pengendara yang masih melanggar. 

"Hal ini juga untuk menertibkan pengguna jalan, pasalnya jalur tersebut kerap terjadi kecelakaan lalulintas yang menelan korban jiwa. Untuk itu, kami imbau patuhi aturan atau dikenakan tilang yang akan dilakukan kepolisian," tandasnya.

BACA JUGA:PJR Kejar Emak-Emak Pemilik Fortuner yang Nekat Buka Pembatas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Demi Putar Balik

Di samping itu, Kartika Anwar juga meminta pemilik usaha yang berada sekitar dua lajur untuk menyediakan tempat parkir sendiri agar tidak mengganggu pengguna jalan.

"Bagi yang ada usaha di sekitar lajur tersebut agar memarkirkan kendaraannya di tempat yang tidak mengganggu pengendara lain supaya pengendara nyaman saat melintas," pintanya. 

Dalam menunjang difungsikannya jalan dua lajur, Kartika Anwar menyebutkan bahwa pihaknya akan menambah rambu-rambu lalulintas. 

"Kita sudah melakukan survei titik yang akan dipasang rambu-rambu lalulintas. Saat ini kita tengah proses pembuatan rambu-rambu agar pengguna jalan paham jalur yang dilalui," tutupnya.(ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: