Ini 7 Cara Terbaik Mencegah Sakit Gigi, Nomor 4 Kerap Disepelekan

Ini 7 Cara Terbaik Mencegah Sakit Gigi, Nomor 4 Kerap Disepelekan

Cara mencegah sakit gigi-Foto: Engin Akyurt/Pixabay-

SUMEKS.CO - Sakit gigi menyebabkan yang mengalami benar-benar menderita. Namun, Sakit gigi terjadi salah satunya akibat tidak disiplin dalam menjaga pola makan. 

Alangkah baiknya agar tidak mengalami sakit gigi, dilakukan pencegahan terlebih dahulu. Rasa ngilu akibat gigi bisa mengganggu aktivitas. 

Namun, walau sudah tersedia berbagai macam obat, baiknya dilakukan pencegahan. Sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Apalagi kasus sakit gigi bukan saja dialami orang dewasa saja. Anak-anak sudah mengalami sakit gigi akibat faktor makanan. 

BACA JUGA:7 Manfaat Air Rendaman Timun, Nomor 5 Bikin Kamu Percaya Diri

Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik merupakan langkah efektif mencegah sakit gigi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Sikat gigi teratur. 

Sikat gigi setidaknya dua 2 sehari menggunakan pasta gigi berfluoride. Hal ini bertujuan untuk membersihkan serta menghilangkan sisa makanan di dalam mulut yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Disarankan untuk menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur di malam hari. 

BACA JUGA:Kenali 5 Ciri Tahu yang Mengandung Formalin dan Zat Pewarna, Jangan Diabaikan, Nyawa Taruhannya

Sikat gigi ini sebaiknya dilakukan 30 hingga 60 menit setelah sarapan pagi agar mineral di dalam gigi tidak ikut larut. Sikat gigi sebaiknya dilakukan 2 menit untuk setiap sesinya. 

2. Bilas dengan obat kumur yang mengandung fluoride

Fluoride dapat memperkuat gigi dan membunuh bakteri penyebab plak. Pasta gigi yang mengandung fluoride diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. 

Selain itu, kandungan fluoride juga dapat memperkuat enamel gigi agar tidak mudah rusak karena terkikis senyawa asam dan plak di dalam mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: