5 Tips dan Trik Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Terkuras Tahan Seharian

5 Tips dan Trik Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Terkuras Tahan Seharian

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Baterai merupakan komponen penting bagi smartphone, tak terkecuali iPhone. Karena tanpa baterai smartphone tidak bisa bekerja.

Meski banyak produsen berlomba-lomba menawarkan baterai berkapasitas besar dan digadang-gadang dapat bertahan lama, namun tetap saja kualitas baterai akan menurun setelah pemakaian yang lama.

Agar kondisi baterai iPhone bisa bertahan lama dan bekerja lebih baik pengguna dapat menjaganya dengan cara menghindari suhu ekstrim, menggunakan mode penghemat daya, mengisi daya dengan cerdas, dan memperbarui perangkat lunak.

Tidak hanya itu, pengguna bisa memantau kesehatan baterai untuk mengetahui adanya masalah dengan mematikan konektivitas yang tidak diperlukan.

BACA JUGA:Catat, Ini Cara Cek Garansi iPhone 15 Series dan Harga Resmi di Indonesia

Berikut ini SUMEKS.CO akan berbagai tips dan trik agar baterai iPhone dapat bertahan seharian :

1. Hindari Suhu Ekstrim

Baterai iPhone sangat sensitif terhadap panas dan dingin. Jadi, paparan suhu yang tak menentu terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa mengurangi kinerja masa pakai

Pengguna harus menghindari masalah tersebut jika ingin baterai tetap berumur panjang. Menyimpan iPhone pada suhu normal antara minus 20 derajat dan 45 derajat celcius adalah aman.

BACA JUGA:Telkomsel Buka Pre-Order Paket Bundling dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

2.  Mengisi Daya Dengan Cerdas

Agar kondisi baterai tetap optimal pengguna tak perlu menunggu baterai iPhone mencapai kosong atau nol untuk memulai mengisi daya atau jangan juga mengisi hingga melebihi 100 persen.

Isi lah daya sebanyak dan secukupnya, karena baterai memiliki jumlah siklus pengisian daya yang terbatas dan kinerjanya akan menurun atau bisa benar-benar berhenti jika mengisi daya setelah mencapai siklus pengisian daya.

Pengosongan daya yang terlalu atau pengisian daya yang berlebihan dapat mengurangi siklus pengisian daya. Jadi ada baiknya hindari hal tersebut, pengguna juga bisa menggunakan fitur pengisian daya yang dioptimalkan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

BACA JUGA:Wajib Tau, Ini Alasan Kenapa harus Menggunakan iPhone

3. Perbarui Perangkat

Selalu pastikan menggunakan perangkat lunak versi terbaru, baik itu smartphone Android ataupun iOS. Tujuan ini agar memberikan pengoptimalan untuk mendapatkan hasil maksimal, selain itu memberikan fitur-fitur baru dak peningkatan keamanan.

Jadi, pastikan pengguna untuk menginstal pembaruan perangkat lunak agar meningkatkan masa pakai baterai.

4. Gunakan Fitur Kesehatan Baterai

BACA JUGA: Siap-Siap, Aple akan Rilis iPhone SE 2024 dengan Harga Lebih Murah dari iPhone 15 Seris

Fitur kesehatan baterai seperti AccuBattery sangat membantu dalam menentukan kondisi baterai iPhone kalian. Fitur ini bisa memberi tahu kapasitas maksimum, kesehatan secara umum, dan tingkat kinerja puncak.

Informasi ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan masa pakai atau memahami mengapa smartphone cepat kehabisan daya atau cepat mati padahal baru mengisi daya.

5. Gunakan Mode Penghemat Baterai

Meskipun ada beberapa trade-off saat menggunakan mode penghemat baterai atau mode daya rendah, yang pastinya mode ini berguna   mengurangi konsumsi daya.

BACA JUGA:Mulai Masuk Pasar Indonesia, Ternyata Harga Resmi iPhone 15 Series Cuma Rp 15 Jutaan?

Selain itu, tak hanya meningkatkan waktu pencadangan dalam sekali pengisian daya, namun juga membantu pada jangka panjang.

Hampir setiap iPhone akan meminta untuk mengaktifkan mode ini ketika  daya tahan baterai telah mencapai 20 persen. Pengguna bisa mengaktifkan untuk penghematan energi.

Selain tips yang telah disebutkan di atas, ada baiknya pengguna memilih pengaturan smartphone agar tidak menguras baterai dengan cepat. Pengguna bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

1. Gunakan pengunci otomatis dalam batas waktu layar yang pendek.

BACA JUGA:Bukan Kaleng-kaleng! Huawei P60 Pro Miliki Fitur Kamera Canggih Terbaik di Dunia, Samsung dan Iphone Lewat

2. Menggunakan kecerahan layar otomatis.

3. Aktif mode gelap pada iPhone dengan layar OLED . Mode gelap di jenis layar tidak memengaruhi masa pakai baterai.

4. Batasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai.

5. Matikan suara atau getaran keyboard.

BACA JUGA:Harga Nokia N100 Series lebih Murah, tapi Kualitas Foto Bikin iPhone Ketar-ketir?

6. Gunakan aplikasi versi ringan atau versi web.

7. Matikan GPS, Bluetoot,  Wi-Fi, NFC saat tidak digunakan.

8. Nonaktifkan atau tunda notifikasi yang tidak terlalu diperlukan.

Jadi untuk memperpanjang masa pakai baterai, mulailah dengan perubahan yang paling kecil tetapi dampaknya cukup besar terhadap penggunaan iPhone. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: